Sering diacuhkan, ini fungsi spoiler mobil

Spoiler menjadi salah satu fitur kendaraan yang fungsinya tidak banyak diketahui pemiliknya. Banyak orang yang mengira spoiler sebagai komponen pemanis kendaraan saja. Spoiler yang letaknya berada di belakang mobil sebenarnya memiliki sejumlah fungsi penting.

Spoiler berfungsi meningkatkan handling dengan cara meningkatkan efek aerodinamika kendaraan. Fungsi spoiler mobil yang lain adalah memberikan gaya ke bawah (downforce) untuk mengurangi daya angkat (lift) yang muncul karena kecepatan tinggi saat mobil melaju kencang.

Terkait pemberian downforce terhadap mobil ini, sejumlah produsen mobil telah mengembangkan komponen spoiler yang bisa mengembang saat mobil berjalan dalam kecepatan 100 km/jam.

Dilansir dari detikOto, saat ini banyak spoiler produk aftermarket yang dijual di pasaran, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan yang belum dipasangi spoiler. Namun karena bukan komponen orisinal, spoiler aftermarket bisa berfungsi seperti versi aslinya.

Selain itu, jika spoiler yang terpasang secara tidak presisi tidak akan mampu meningkatkan downforce kendaraan. Apalagi spoiler yang dimiliki terlalu berat, maka sudah jelas akan memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Spoiler mobil

Spoiler mobil. (detikOto)

Efeknya sama dengan saat pemilik mobil memutuskan memasang aksesori kendaraan yang semakin memperberat beban mobil. Sedang pada mobil balap, komponen spoiler ini dinamakan wing yang fungsinya menyerupai spoiler.

Bedanya adalah ukuran wing lebih besar ketimbang spoiler. Saat ini, sudah makin banyak mobil non balap yang menggunakan wing. Sayangnya, penggunaan wing pada mobil biasa tidak terlalu pas mengingat komponen ini akan makin memberi beban pada kinerja mesin mobil.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: