Cara pencegah ban kendaraan cepat aus

Ban menjadi komponen kendaraan yang paling cepat mengalami aus. Tentu bisa dimaklumi mengingat ban menjadi penyangga sekaligus menjadi “kaki” kendaraan. Ban memang memiliki beban yang cukup berat.

Bagaimana mensiasati agar ban kendaraan bisa tidak cepat aus? Ban harus mendapat perawatan. Caranya dengan memeriksa tekanan angin pada ban serta melakukan rotasi pada ban dengan teratur. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari detikOto:

  1. Perawatan ban

Awet tidaknya ban tergantung dari perawatan ban. Untuk merawat ban sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Pastikan selalu memeriksa tekanan ban serta rotasi ban yang teratur. Tekanan ban yang minim menyebabkan kerusakan pada bagian permukaan dan samping karena gesekan dengan permukaan jalan.

Ban yang kempes karena kurang angin, membuat laju kendaraan terasa berat. Jika pengendara tetap menggunakan ban kempes itu bahkan menambah kecepatannya, maka ban seperti diseret dengan paksa.

Akibatnya , permukaan ban cepat menipis, dinding ban juga cepat rusak. Selain itu, dengan penggunaan ban kempes untuk berkendara membuat penggunaan bahan bakar pada mesin menjadi boros.

rotasi ban

Rotasi ban. (detikOto)

  1. Rotasi ban

Rotasi ban dibutuhkan guna mencegah keausan ban mengingat hanya bagian tertentu saja dari ban yang bergesekan dengan permukaan jalan. Ukurannya, jika ban sudah dipakai dengan jarak 3000 dan maksimal 4000 km harus dirotasi agar habis masa pakai lebih bagus.

Ada dua sistem rotasi ban yaitu pada empat roda, lima roda dan ban cadangan. Rotasi pada empat roda bisa menggunakan cara segaris (diagonal). Cara rotasi seperti ini dilakukan dengan menukar ban depan kiri dengan belakang kanan. Berikutnya ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kiri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: