Ini cara mudah memeriksa kondisi gardan mobil

Salah satu komponen mobil yang jarang diperhatikan pemiliknya adalah garden mobil. Komponen ini seperti anak tiri saja. Pemilik mobil bahkan tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi gardan mobil mereka.

Bila gardan mobil rusak, sementara pemilik kendaraan tidak mengetahuinya, akibatnya roda mobil bisa tiba-tiba tidak bisa digerakkan. Jika hal ini terjadi saat mobildikendarai efeknya bisa fatal.

Apalagi jika mobil itu dikendarai dalam situasi yang cepat, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Padahal perawatan terhadap gardan mobil bisa dengan mudah dilakukan. Caranya cukup mengganti oli gardan agar komponen itu tidak aus sebelum waktunya. Berikut beberapa cara untuk mengetahui komponen gardan mobil Anda mengalami masalah seperti dilansir Tempo.co:

1.Tetesan oli di bawah gardan

Jika Anda melihat tetesan oli pada bagian tutup gardan atau bagian gardan lainnya, segera waspadalah. Apalagi jika rembesan pada bagian gardan mobil ini terjadi tiap hari, maka makin lama oli gardan akan habis.

Apabila ini terjadi pada gardan mobil Anda, maka kerja gardan mobil tidak akan berjalan maksimal yang bisa mengakibatkan sistem penggerak roda tidak bekerja. Akibat paling fatal adalah mobil bisa berhenti mendadak karena penggerak roda tiba-tiba berhenti.

Walau begitu, tetesan oli pada gardan memberi tanda bahwa oli sudah basi yang berarti unsur pengikat molekul pada oli menurun jauh. Bila kondisi seperti ini yang terjadi, fungsi oli sebagai pelumas komponan (termasuk gardan ) tidak akan maksimal terjadi. Ini berakibat pada komponen juga cepat rusak atau paling tidak fungsinya tidak bisa maksimal.

 

gardan-mobil

Gardan mobil.(bolaotomotif.com)

2. Dengarkan  suara dari gardan saat mobil melaju

Untuk bisa mendengarkan suara dengung yang muncul dari gardan mobil, matikan peranti audio yang ada di mobil lalu buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila terdengar ada suara gemerisik atau mendengung  berarti ada permasalahan di gardan.

Suara dengung itu diakibatkan komponen yang ada di gardan mengalami gesekan hebat karena oli gardan yang banyak berkurang atau bahkan habis. Bisa juga tingkat viskositas oli sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan walau volume oli gardan masih cukup banyak.

Mengapa oli bisa kehilangan tingkat viskositasnya, penyebabnya bisa beberapa hal seperti adanya bakteri atau juga reaksi dengan zat – zat lain. Penyebab lainnya adalah mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi. Cara mengantisipasinya adalah sebaiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin, maksimal saat mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: