Darimana asal muasal suara dengung pada mobil?

Selain bau dan performa yang menurun, ada satu lagi gangguan pada kendaraan yang sering muncul yaitu suara dengung saat kendaraan berjalan. Pemilik kendaraan tidak boleh menganggap enteng gangguan dengungan pada mobil saat melaju itu.

Suara dengungan pada mobil saat melaju, kemungkinan muncul dari beberapa bagian mobil sebagai berikut seperti dilansir dari harian Kompas:

1.Transmisi

Bagian transmisi berpotensi menjadi sumber suara dengung. Begini, pada rumah persneling ada begitu banyak bantalan gigi-gigi transmisi. Jika sudah aus, bantalan ini akan menimbulkan dengung.

Untuk memastikan apakah ada masalah transmisi yang ditengarai mengeluarkan bunyi dengung, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel yang dipercaya untuk mendapat penanganan lebih lanjut sehingga kondisi mobil bisa kembali baik dan dapat berjalan dengan lancar.

2. “Bearing” roda

Bunyi dengung yang muncul pada bearing roda (depan maupun belakang) dimungkinkan terjadi karena komponen mobil tersebut sudah aus. Bunyi yang muncul pada bearing roda yang aus akan mengikuti kecepatan mobil. Makin cepat mobil bergerak, maka bunyinya akan makin jelas terdengar.

3. Kipas

Bunyi dengung bisa juga muncul dari desain kipas yang kurang sempurna.

Gardan mobil

Gardan mobil

4. Ban

Ada jenis ban yang desain kembangannya mengeluarkan suara saat dipakai melaku dalam kecepatan tertentu. Suara tersebut bisa juga muncul karena gesekan ban dengan permukaan aspal.

5. Gardan

Jika batas jarak antargigi yang diperbolejkan sudah melewati batas, sudah barang tentu akan muncul suara berdengung. Bisa saja hal ini terjadi akibat aus karena pemakaian.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: