Berikut cara mencuci sepeda motor yang dianjurkan

Agar sepeda motor selalu terlihat bersih dan menarik, pemiliknya harus rutin membersihkan kendaraan yang menjadi teman setia setiap hari mereka itu. Jika sepeda motor yang dipunyai memiliki tampilan bagus, namun kalau tidak diperhatikan sisi kebersihannya, tampilan motor jadi tidak menarik.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mencuci sepeda motor:

Anda harus memastikan sepeda motor dalam keadaan dingin sebelum dicuci. Tempat mencuci motor usahakan berada pada area yang teduh sekaligus landai. Jika tempat mencuci motor berada pada area yang panas, permukaan sepeda motor yang masih akan akan mempercepat penguapan air dan meninggalkan bekas titik air pada motor. Sedangkan tempat mencuci yang lebih landai akan memudahkan air bisa cepat mengalir.

Langkah berikutnya melakukan penyiraman terhadap sepeda motor. Siram sepeda motor dengan tekanan air yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Semprotan air yang terlalu keras dikhawatirkan akan membuat kotoran masuk kesela-sela sepeda motor yang sulit dibersihkan.

Sementara jika air yang disemprotkan ke kendaraan terlalu lembut, tidak akan kuat mendorong kotoran yang menempel pada bagian-bagian sepeda motor. Saat mencuci sepeda motor, disarankan mengawalinya dari bagian ban, kemudian kearah body sepeda motor dari atas ke bawah dengan menggunakan sampo khusus.

Apapun sampo sepeda motor yang digunakan, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian sampo tersebut. Kemudian, setelah selesai mencuci, tinggal mengeringkan sepeda motor menggunakan lap dari bahan sintesis karena memiliki daya serap yang cenderung kuat.

Cuci mobil

Cuci mobil.(Solusimobil.com)

Disarankan pula menyalakan sepeda motor selama 3-5 menit. Sedikit panas dari mesin dan getaran yang ditimbulkan sepeda motor akan membantu proses pengeringan sepeda motor

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: