Begini cara membersihkan pelek kendaraan

Pelek mempunyai kegunaan utama sebagai komponen penopang roda kendaraan. Kegunaan lainnya pelek bisa berfungsi sebagai asesoris tampilan eksterior kendaraan. Maka dari itu, menjaga kebersihan pelek menjadi keharusan bagi pemilik kendaraan.

Bila tidak rajin dibersihkan, noda kotoran yang ada pada pelek bisa membuat cat pelek kusam dan akhirnya rusak. Apalagi letak pelek yang berada dibawah kendaraan membuat pelek selalu kotor baik pada permukaan maupun ruas-ruasnya.

Fendy dari toko pelek aftermarket Stance Motor Sport menyarankan, ketika mencuci pelek, jangan lupa membersihkan area ruas palang pelek karena di area itu menjadi tempat kotoran berkumpul yang susah dibersihkan jika terlalu lama menempel di permukaan pelek.

Untuk bisa membersihkan ruas pelek yang sulilt dijangkau, bisa menggunakan sikat kecil yang halus. Bisa juga menggunakan kuas. Atau bisa saja menggunakan bekas sikat gigi. Selain itu, jangan lupa membersihkan lubang baut pelek.

pelek

Membersihkan pelek. (Youtube)

Hal yang paling penting adalah setelah dicuci, permukaan dan sela-sela ruas pelek harus berada dalam kondisi kering dari air agar tidak terjadi karat pada pelek kendaraan.

Jika ada noda yang susah dibersihkan yang berasal dari bekas oli atau aspaljalan raya, cara membersihkannya menggunkana minyak tanah. Bila noda susah hilang itu baru saja munculnya, maka minyak tanah bisa menyelesaikan masalah. “Hindari penggunaan cairan berlkohol atau bensin, karena bisa membuat warna cat cepat pudar saat digosok,” kata Fendy, seperti dilansir dari Otomania.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: