tips membersihkan bagian interior mobil supaya terlihat kinclong

Ada beberapa cara untuk menjaga tampilan interior mobil. Misalnya  dengan membersihkan interior mobil secara mandiri. Cukup dengan membeli beberapa perlengkapan kebersihan dan meluangkan sedikit waktu misalnya saja di akhir pekan untuk membersihkan interior mobil, hasilnya bisa jadi tidak kalah dengan salon mobil.

Berikut tips membersihkan bagian interior mobil supaya terlihat kinclong seperti dilansir dari suplemen Klasika Kompas:

Terlebih dahulu, bersihkan interior dengan memperhatikan atap bagian dalam. Meski bagian yang umumnya dilapisi beledu tersebut jarang tersentuh, bukan berarti sudah terbebas dari kotoran atau jejak tangan. Bisa saja tanpa disengaja ada tangan atau benda kotor yang “mampir” ke area tersebut.

Untuk membersihkan atap bagian dalam, Anda bisa mempergunakan kain halus (microfiber) yang telah diberi cairan khusus interior. Cairan tersebut banyak dijual di toko perlengkapan teknik atau gerai-gerai yang menjual perlengkapan kebersihan kendaraan.

Baca dengan teliti petunjuk yang tertera pada kemasan cairan khusus interior sebelum Anda menggunakannya. Sifat beledu yang sensitive, menuntut Anda untuk sangat berhati-hati saat membersihkannya.

Setelah bagian atas interior bersih, bisa dilanjutkan dengan membersihkan bagian depan atau dasbor mengingat cukup banyak kotoran berupa debu dan abu ada di area ini. Tentu dasbor yang kotor merusak pemandangan serta dapat mengganggu kesehatan.

Untuk membersihkannya, usap area dasbor menggunakan lap chamois yang sedikit basah. Setelah itu, gunakan microfiber untuk mengeringkan bagian tersebut. Agar dasbor tampak mengilat, gunakan interior dressing non silikon.

Cairan tersebut dapat dengan mudah Anda beli di toko-toko perawatan kendaraan. Jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu kepada penjual tentang cara penggunaannya.

Bagian interior mobil berikutnya yang dibersihkan adalah bagian jok. Untuk membersihkan jok dengan lapisan kulit atau sejenisnya, gunakan leather cleaner agar kotoran yang melekat lebih mudah dibersihkan. Tetapi seandainya jok Anda berlapis beledu atau berbahan kain (fabric), cukup bersihkan dengan menggunakan pengisap debu.

membersihkan dasbor mobil

Membersihkan dasbor mobil. (Autobild.co.id)

Alat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu yang menggumpal pada kompartemen-kompartemen di sisi pintu maupun di bawah jok. Kebersihan bagian bawah juga memengaruhi kenyamanan di dalam kabin.

Untuk membersihkan bagian bawah interior, lepas karpet yang menjadi pelapis dasarnya. Kemudian bersihkan area yang ada di sebalik karpet. Gunakan pengisap debu untuk membuang kotoran yang ada pada karpet. Terakhir, gunakan parfum mobil untuk membuat udara kabin menjadi lebih segar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: