Tips aman mengendarai sepeda motor saat hujan

Sejumlah situasi yang terjadi pada saat hujan turun harus mendapat perhatian lebih besar dari para pengendara motor. Misalnya saja jarak pandang terbatas dan juga kondisi jalan yang berubah licin.

Analis dari divisi Safety Riding Astra Motor, Michael Gerald mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di tengah hujan. Berikut penjelasannya seperti dilansir detikOto:

1. Berteduh

Pemotor disarankan untuk berteduh saja ketika hujan lebat dan angin kencang terjadi dengan mencari lokasi yang aman dengan menghindari berteduh di bawah pohon besar karena adanya potensi pohon tersebut bisa tumbang.

2. Menyalakan Lampu

Menyalakan lampu pada saat terjadi hujan merupakan hal yang wajib dilakukan mengingat jarak pandang yang terbatas. Dengan begitu, lampu utama motor bisa terlihat pengendara lain. Hindari penggunaan lampu Hazard saat situasi hujan karena bisa membuat bingung pengemudi kendaraan lain. Penggunaan lampu Hazard hanya dalah kondisi darurat

3. Melintasi Genangan Air

Pengendara sepeda motor disarankan mengurangi kecepatan saat akan melintasi genangan air dan pada saat melewati genangan air, lakukan mengendarai motor dengan perlahan. Sebab, kemungkinan besar genangan air menutupi jalanan yang berlubang.

Jadi pengendara motor harus hati-hati kalau tidak ingin terjatuh. Selain itu, cipratan air akan menghambat laju kendaraan secara tiba-tiba dan keseimbangan kendaraan bisa berubah secara tiba-tiba.

bermotor saat musim hujan

Pengendara motor melewati air hujan. (detikOto)

4. Pengereman dan Akselerasi

Akselerasi dan pengereman sepeda motor pada saat situasi hujan tidak boleh dilakukan sesuka hati mengingat daya cengkeram ban ke permukaan jalan tidak maksimal yang disebabkan kondisi ban dan jalan yang sama-sama basah.

Usahakan melakukan akselerasi dan pengereman sehalus mungkin. Jangan mengerem mendadak, sebab potensi roda selip tinggi bila hal itu dilakukan. Disarankan tidak menggunakan ban bertipe silk karena ban ini tidak punya alur yang bisa membuang air sehingga grip ban bisa sangat licin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: