Lima cara berkendara dengan hemat BBM

Cara mengendarai kendaraan di jalan raya juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar kendaraan. Di lansir dari website Toyota, kebiasaan berkendara bisa mempengaruhi konsumsi BBM mobil hingga 25 persen.

Berikut tips-tips menghemat penggunaan bahan bakar saat berkendara seperti dilansir dari detikOto:

1. Jangan sering ngebut.

Sebuah kendaraan memiliki kecepatan ideal pada 60-80 km/jam. Jika terjadi penambahan kecepatan diatas ideal, maka penggunaan BBM akan lebih banyak lagi. Pilihannya adalah melambatkan kecepatan agar BBM tidak terpakai banyak-banyak sekaligus pengendara lebih aman di jalan.

2. Injak pedal gas secara halus

Penggunaan BBM akan lebih irit jika pedal yang diinjak lebih pelan. Perlu interval waktu lima detik saat berakselerasi hingga kecepatan 24 km/jam dari posisi diam agar bahan bakar irit. Ini artinya pedal gas yang diinjak harus lebih lembut.

Untuk mobil dengan transmisi manual, pengguna bisa memainkan posisi throttle dengan konstan dengan pergantian gigi disarankan pada putaran mesin 2000 hingga 2.500 rpm.

3. Jaga Kecepatan Stabil

Disarankan untuk jaga kecepatan stabil saat berkendara di jalan raya yang lancar. Gunakan fitur cruise control jika mobil yang dikendarai memililki fitur canggih tersebut. Fitur cruise control bisa digunakan sebagai teknik mengemudi yang efisien yang mudah dilakukan.

Jangan menaik turunkan kecepatan secara mendadak dengan akselerasi yang keras untuk menghindari pemborosan bahan bakar hingga 20 persen.

Cruise Control

Cruise Control.(detikOto)

.4. Hindari Rem Mendadak

Pada saat berkendara dalam situasi normal, usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak. Maka agar tidak melakukan pengereman mendadak, ambil langkah jarak aman saat mengemudi.

Jarak aman berkendara yang disarankan para ahli adalah 3-4 detik di belakang kendaraan yang ada didepan. Dengan demikian, BBM yang digunakan juga akan ikut hemat.

5. Tetap Waspada

Jaga saat berkendara dengan membuat rencana maneuver yang memang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: