Ban pengaruhi penggunaan BBM mobil. Ini penjelasannya

Tak sedikit pengguna mobil yang merasa ada masalah dalam penggunaan BBM pada mobilnya.  Ketidaknyamanan tersebut salah satunya terjadi karena penggunaan ban mobilnya. Ban dengan bobot yang berat memiliki pengaruh dalam penggunaan BBM.

Ban berat menyebabkan boros BBM. Karena jika ban berat, mengakibatkan kerja mesin mobil juga berat. Ini berakibat pada proses menggelindingnya ban terhambat. Juga karena faktor lain yaitu perubahan bentuk permukaan ban.

Deky Arjuna Prasety, Marketing Communication 1 Station mengatakan, deformasi ban terjadi karena mobil melewati banyak kontur jalan yang membuat ban jadi terkikis dan tidak rata. Telapak ban yang lebar juga membuat gesekan ban dengan jalan juga makin kuat.

“Hal ini menyebabkan kinerja mesin makin berat saat melakukan putaran, karena itulah BBM yang digunakan jadi boros,” kata Deky seperti dilansir detikOto.

periksa ban

periksa ban.(detikOto)

Kurangnya tekanan udara pada ban mobil juga menjadi pemicu tidak efisiensinya penggunaan BBM. Mengapa? Roda yang kempes membuat tekanan serta gesekan makin besar, ini membuat mesin bekerja makin berat. Jika mesin bekerja terlalu berat, penggunaan BBM juga akan banyak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: