Lima tips pembelian mobil

Anda berencana membeli mobil di tahun 2016? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil termasuk anggaran dana, kondisi mobil, pembiayaan atau juga penawaran produk.

Berikut 10 tips sebelum melakukan pembelian mobil seperti dilansir Bankrate:

1. Anggaran

Hal paling utama yang harus diperhatikan saat berencana membeli mobil adalah kepemilikan anggaran. Hal ini mengingat pembelian mobil menjadi pembelian barang yang paling mahal. Bankrate menyarankan jika ingin membeli mobil dengan pembayaran cicilan maksimal 25 persen dari penghasilan.

Pertimbangan lain terkait anggaran ini adalah biaya operasional kendaraan misalnya bahan bakar, biaya masuk tol serta asuransi.

2. Daftar mobil yang diinginkan.

Ada banyak informasi produk mobil yang akan diberikan diler sehingga bisa membuat calon pembeli kebingungan. Sarannya, adalah membuat daftar mobil yang diinginkan dan tentu saja harus sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

3. Putuskan beli mobil baru atau bekas

Daftar mobil yang akan dibeli ini bisa ditentukan dengan pilihan mobil baru atau bekas yang akan dibeli. Jika mobil bekas yang akan dibeli, tentu saja ada keuntungan lebih dibanding membeli mobil baru. Misalnya soal harga mobil yang jauh lebih rendah ketimbang mobil baru.

Walau demikian tetap ada kelemahan saat memilih mobil bekas seperti pembayaran bunga yang lebih tinggi, masa garansi yang lebih pendek, ketidak tahuan sejarah penuh mobil.

lustasi jual beli mobil

Ilustrasi jual beli mobil. (detikOto)

4. Hitung ulang semua pengeluaran

Masalah anggaran, dan daftar dan pilihan mobil sudah selesai, berikutnya hitung ulang lagi pengeluaran yang dibutuhkan misalnya misalnya biaya bahan bakar, serta biaya asuransi mobil.

5. Siapkan pembiayaan

Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah tentang pembiayaan kendaraan. Mengapa? Karena diler selain menjual mobil, diler juga ingin memberikan pinjaman kredit pada pembeli agar diler mendapat uang komisi dari pabrikan atau leasing.

Banyak diler yang menjanjikan suku bunga yang menarik walaupun mereka belum mendapatkan persetujuan pinjaman. Yang bisa dilakukan bila menemui situasi seperti ini adalah, buat perbandingan dari pinjaman bank yang sudah dimiliki sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: