Ini cara memeriksa mobil setelah dibuat berlibur

Libur hari raya dan tahun baru yang baru saja berlangsung benar-benar menguji ketangguhan kendaraan roda empat yang dipakai masyarakat. Terutama mereka yang harus berada pada situasi lalu lintas yang menguji ketangguhan mobil mereka.

Lalu apa saja yang harus dilakukan setelah mobil dibawah berlibur? Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto 2000 Cikarang mengatakan, mobil yang usai dibawa liburan perlu mendapatkan pemeriksaan awal.

Gunanya adalah, untuk memastikan kondisi kendaraan tetap bagus saat digunakan untuk beraktifitas yang rutin dilakukan. Pemeriksaan awal pada mobil tidak harus dilakukan dengan bantuan bengkel mobil, tapi bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil.

Beberapa komponen penting pada mobil bisa diperiksa dengan mudah oleh pemilik mobil pada saat waktu luang. Misalnya sistem pelumasan kaki-kaki hingga pemeriksaan aki. Pelumasan pada komponen mobil bisa dilakukan dengan memastikan volume oli dari dipstick yang ada pada penutup oli.

Sama seperti oli mesin, ada ukuran takaran sebagai penunjuk tingkatan isi oli, bila kurang maka perlu segera ditindak lanjuti. Setelah itu pemeriksaan berlanjut pada pemeriksaan minyak rem dan power steering.

Untuk mobil dengan transmisi otomatis yang menggunakan aki konvensional dengan air, maka pemeriksaan kondisi aki menjadi hal yang harus dilakukan dengan cara melihat volume air yang ada.

Membersihkan aki mobil

ilustrasi Membersihkan aki mobil. (Youtube)

“Seandainya volume airnya kurang segera ditambahkan, Selain itu, dan jangan lupa untuk membersihkan kerak pada baut positif dan negatifnya,” jelas Indah seperti dilansir Otomania.

Kapan pemeriksaan kendaraan dilakukan? Menurut Indah Yuliana, baiknya dikerjakan pada saat pagi hari sebelum mobil digunakan untuk aktifitas. Mengapa? Karena pada pagihari, kondisi mobil masih normal dan tidak ada goncangan sehingga ukuran pelumas bisa berubah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: