Tips-tips memilih helm yang baik untuk keselamatan pengendara motor

Aturan hukum mengenakan helm saat berkendara sudah diatur dalam Undang-Undang No. 14 tahun 1992 yang menyebutkan helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor. Sayangnya, aturan hukum tersebut tidak mendapat perhatian banyak warga masyarakat di tanah air yang begitu percaya diri mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa mengenakan helm pelindung.

Petinggi distributor helm merek Arai di Indonesia, Cargloss Proriders, Frans Lee seperti dilansir detikOto di Indonesia, sering sekali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung penting. Maka sebagai pengendara sepeda motor yang menjaga keselamatan diri, menggunakan helm adalah kewajiban. Berikut cara-cara memilih helm yang baik:

pemakaian helm

Pengendara sepeda motor memakai helm. (dibacaonline.com)

1. Pilih helm yang sesuai ukuran kepala

Jangan memilih helm yang terlalu sempit atau terlalu longgar untuk dipasang pada kepala. Bila terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit kepala pada bagian atas, kanan, dan kiri kepala.

Bila terlalu longgar, akan berbahaya bila terjadi benturan. Selain itu, pengguna juga tidak akan merasa nyaman  karena helm akan bergerak  pada saat tertiup angin.

2. Pilih helm yang melindungi seluruh bagian kepala

Pilihlah helm full face atau juga open space karena bisa melindungi kepala paling maksimal saat berkendara.
3. Pilihlah helm dengan material yang sesuai

Material helm harus dipilih dari bahan yang keras yang sangat berguna untuk melindungi secara maksimal pengendara sepeda motor saat terjadi kecelakaan.

4. Pilih helm dengan lapisan pengaman dalam yang tebal

Hal ini untuk memberi keseimbangan pada bagian luar helm yang terbuat dari bahan yang keras. Dengan bahan pengaman bagian dalam yang tebal, mampu meredam benturan dengan benda keras lainnya.

5. Pilih helm dengan material bagian dalam yang lembut

Material yang lembut bisa menyerap keringat secara maksimal.Selain itu bisa membuat pemakainya merasa nyaman saat memakai pelindung kepala dalam waktu lama.

6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat

Helm dengan tali pengikat yang kukat sangat penting digunakan agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat  pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7. Pilihlah helm yang sudah memenuhi standar keamanan yang sudah ditentukan

Artinya helm seperti ini sudah melewati proses uji keamanan sehingga pengguna helm ini merasa aman saat mengenakan helm tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: