Lima langkah menghindari pencurian mobil

Teknologi yang dikembangkan mobil masa kini makin canggih. Namun demikian, tidak ada jaminan bagi mobil masa depan itu terbebas dari incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian mobil yang sering terjadi karena kelalaian dari pemilik mobil sehingga dengan terpaksa harus kehilangan mobil mereka. Berikut sejumlah langkah menghindari pencurian mobil seperti yang dilansir The Telegraph:

1. Pastikan mobil benar-benar terkunci
Pada mobil-mobil modern, ada fitur canggih berupa tombol ‘lock’pada kunci mobil. Saat tombol ‘lock’ sudah dipencet, Anda juga harus memperhatikan lampu indikator apakah sudah menyala atau belum.

Jika lampu indikator menyala,mobil sudah aman terkunci. Namun jika belum menyala, bisa jadi mobil belum terkunci. Guna memastikan kembali bahwa mobil sudah benar-benar terkunci, Anda bisa menarik tuas pintu mobil.

Pencurian di dalam mobil

Pencurian di dalam mobil. (The Telegraph)

2. Parkirlah mobil pada tempat yang sesuai

Carilah titik parkir dibawah lampu jalan, apalagi jika Anda memarkir mobil untuk waktu yang lama. Lokasi parkir dibawah lampu jalan adalah pilihan tempat parkir yang paling baik.

Jika Anda ingin memarkir mobil di restoran, pastikan mobil masih bisa Anda lihat saat Anda berada didalam restoran. Atau jika Anda tidak bisa melihat mobil, maka Anda harus memarkir pada tempat dimana ada orang yang bisa melihat jika tengah terjadi hal-hal yang mencurigakan disekitar mobil Anda.

Saat memarkir mobil di tempat parkir di mall, Anda harus memilih tempat parkir didekat pintu masuk serta berada di dekat mobil-mobil lain. Jangan memarkir mobil di posisi ujung tempat parkir, karena biasanya pencuri lebih senang melancarkan aksi pencurian mobil di ujung parkir.

3. Sembunyikan barang-barang anda

Banyak pemilik mobil yang sering lupa membawa barang-barang yang terlihat tidak bernilai seeprti tas, jaket atau juga sweater. Hal tersebut menurut The Telegraph bisa menarik perhatian pencuri.

Anda harus memastikan menyimpan dengan baik dokumen penting anda yang terpaksa harus disimpan dalam mobil agar tidak menjadi sasaran pencuri.

4. Pasang alat keamanan tambahan

Mobil Anda memang sudah memiliki fitur keamaan canggih seperti alarm atau juga immobilizer. Namun tidak ada salahnya jika Anda memberi tambahan alat pengaman seperti memberi pengunci setir mobil atau pun pedal.

Bisa juga mobil Anda dipasangi alat pelacak (tracking) jika mobil dibawa pencuri.Pasangi juga mobil Anda dengan kamera CCTV kecil pada mobil Anda untuk memudahkan pencarian pelaku pencurian mobil.

5. Jangan sampai lupa dimana Anda menyimpan kunci mobil

The Telegraph menulis bahwa sebagian besar kasus kriminal yang mengancam pemilik mobil saat pencuri sudah masuk ke rumah dan tidak menemukan kunci mobil dimanapun. Pencuri langsung kepikiran untuk mencari kunci mobil di bawah bantal atau di tempat tidur pemilik mobil. Jadi, Anda harus memastikan sudah menyimpan kunci mobil Anda pada tempat yang aman dan mudah untuk diingat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: