Lima langkah mempersiapkan motor menghadapi musim hujan

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, pada November hingga Desember 2015, sebagian besar wilayah Indonesia mulai diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Pernyataan dari BMKG ini harus mendapat perhatian pemilik kendaraan sepeda motor.

Sehingga pemilik kendaraan sepeda motor perlu mempersiapkan sepeda motor yang akan ia naiki berada dalam kondisi baik saat digunakan waktu hujan. Berikut langkah-langkah penting mempersiapkan sepeda motor untuk menghadapi musim hujan seperti dilansir dari detikOto:

1.Penutup minyak dan debu

Penutup (seal) komponen sepeda motor memiliki peran penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen sehingga membuat kerusakan komponen.

Penutup debu pada roda yang sudah tidak layak menyebabkan air masuk ke bantalan roda (bearing) yang berakibat muncul korosi yang membuat bearing berputar tidak seprti biasanya.

2. Ban

Pemilik sepeda motor harus memastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Misalnya terkait pada aus permukaan ban. Jika ban sudah tipis, traksi ban dengan permukaan jalan berkurang sehinga saat jalanan basah, berpotensi menyebabkan pengendara jatuh karena motor sulit dikendalikan.

Ketika ban yang aus diganti dengan ban yang baru, pemilik motor harus memperhatikan arah rotasi ban yang harus sesuai ketentuan.

Ban sepeda motor

Ban sepeda motor. (detikOto)

3. Tutup Busi

Tutup busi memiliki peran mencegah sepeda motor mengalami macet saat melewati genangan. Ketika diketahui karet penutup busi terasa keras, disarankan segera diganti saja agar sistem pengapian bisa berfungsi baik. Pemilik kendaraan bisa melakukan pergantian busi di bengkel resmi agar pemasangan tutup busi bisa tepat.

Tutup busi berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melintasi genangan air. Jika karet yang terdapat pada tutup busi sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti, agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan baik. Rangga menyarankan, penggantian tutup busi dilakukan di bengkel resmi agar pemasangannya tepat.

4, Rem

Rem menjadi komponen paling penting sepeda motor yang harus diperiksa agar bisa dihindari rem yang tidak bisa berfungsi untuk pengereman. Maka komponen rem harus segera diganti sesegera mungkin.

Pada saat berkendara di waktu hujan, motor membutuhkan handling pengendaraan yang baik. Ketika rem kampas sudah aus, akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan jadi lebih sulit.

5. Lampu

Lampu sepeda motor memiliki fungsi sebagai indicator dan penunjuk arah saat motor dikendarai. Jika salah satu lampu tidak berfungsi maka sangat membahayakan pengendara dan pengendara lainnya. Pada saat kondisi hujan, lampu yang rusak akan mengurangi jarak pandang pengendara.

5. Pemeriksaan Berkala

Pengendara sepeda motor disarankan rutin melakukan pemeriksaan di bengkel resmi dan selalu menggunakan suku cadang asli rekomendasi produsen sepeda motor agar sepeda motor bisa selalu berada dalam kondisi baik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: