Mana fitur utama keselamatan Kendaraan? Sabuk pengaman atau kantong udara?

Coba tebak, fitur keselamatan utama di mobil itu apakah kantong udara (air bag) atau sabuk pengaman (safety belt)? Teknisi kendaraan menyebut fitur utama keselamatan pada kendaraan adalah sabuk pengaman.

Memang kantong udara yang ada pada mobil bisa melindungi Nada dari dampak kecelakaan tabrakan tiba-tiba. Namun, sabuk pengaman yang mengikat badan sehingga tetap berada di kursi saat kecelakaan adalah fitur keselamatan utama.

Bahkan, kantong udara tidak akan berfungsi jika sabuk pengaman tidak digunakan, hal ini terjadi pada jenis mobil tertentu. Bayu Suseno, salah satu teknisi Auto 2000 Toyota menjelaskan, kantong udara akan mengembang pada situasi tertentu sebagai syarat fitur tersebut berfungsi.

Misalnya pada saat mobil berada pada kecepatan diatas 40 km/jam, atau pada saat kecelaikaan terjadi, kejadiannya berada didepan.

Sabuk Pengaman

Sabuk Pengaman. (Solusimobil.com)

Selain itu, sabuk pengaman akan mencegah tubuh Anda terpental ke depan jika terjadi kecelakaan dengan benturan yang sangat keras. Pada situasi kecelakaan yang cepat dan keras seperti ini, mampu membuat kantong udara tidak bisa berkembang secara semestinya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: