Jangan sepelekan keberadaan busi motor. Ini penjelasannya

Tanda busi kendaraan bermotor yang sudah harus diganti adalah bila masa pemakaian komponen tersebut lebih dari 10 ribu km karena akan mengalami fungsi kinerja yang berkurang.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, mengatakan, jangan menyederhanakan keberadaaan busi motor bila memang waktunya sudah harus diganti.

Kalau tidak segera diganti, busi motor yang “kadaluarsa” bisa membuat motor menggunakan bahan bakar melebihi ukuran (boros) karena pembakaran mesin yang tidak sempurna. “Bahkan kalau sudah lama berlangsung, tenaga motor bisa lemah,”kata Ade seperti dilansir Otomania.

Oleh karena itu, busi motor memerlukan perawatan agar bisa digunakan lebih lama, walau memang tetapada jangka waktu pemakaian busi sehingga kekuatan mesin tetap terjaga.

Busi motor

Busi motor. (Pixabay)

Menurut Ade Rohman, memang busi motor harus dibersihkan, namun tidak berarti harus dipakai selamanya karena busi memiliki waktu hidup antara 8000 hingga 10 ribu km. Perawatan busi motor biasanya dilakukan pada saat dilakukan servis. “Perawatan busi motor bisa dilakukan ketika jelajah motor sudah sampai 2000 km,” saran Ade Rahman.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: