Ini komponen mobil yang harus diperiksa ulang menghadapi musim hujan

Musim hujan sudah menjelang, ini berarti sudah waktunya bagi pemilik kendaraan roda empat memperhatikan komponen kendaraan mereka agar tetap aman dan nyaman saat digunakan ketika hujan datang.

Mekanik berpengalaman, seperti dilansir dari Otomania mengatakan, beberapa komponen pada kendaraan mobil harus diperiksa ulang agar saat digunakan pada musim hujan tetap nyaman dan aman dipakai.

Sugandi, Kepala Bengkel Nissal Halim, mengatakan kondisi ban adalah hal pertama harus diperhatikan. Memeriksa kondisi ban mobil adalah persiapan mendasar. Jangan menggunakan ban dengan dengan permukaan yang sudah gundul ketika terjadi hujan. “Ban yang permukaannya gundul, akan membuat jalannya mobil jadi licin atau malah slip. Jika hal ini terjadi jelas berbahaya,” kata Sugandi.

Ban adalah komponen sangat penting untuk mobil karena harus bekerja keras menjadi salah satu komponen penggerak mobil. Gesekan pada aspal yang terjadi saat musim panas membuat materi lapisan ban karet terkurangi.

Hal itu membuat ban jadi gundul. Dan ketika dibuat untuk jalan pada saat terjadi hujan, tentu akan membuat licin keadaan dan itu membahayakan banyak pihak.

Selain ban, komponen karet wiper juga harus diperiksa ulang saat mendekati musim hujan seperti saat ini.Bila karet wiper kondisinya baik maka bisa digunakan dengan lancar untuk menyapu air pada kaca mobil dengan sempurna.Pemilik mobil disarankan untuk mengganti karet wiper jika fungsinya berkurang akibat sudah mengeras karena sering terkena sinar matahari.

mobil di lokasi hujan

mobil di lokasi hujan. (spicyinformation.com)

Selain itu, juga ada komponen lain seperti kampas rem, lampu-lampu mobil jangan sampai terlupakan untuk diperiksa. Rem mobil akan membantu pengurangan laju mobil.

Lampu-lampu mobil yang berfungsi baik saat difungsikan untuk mengantisipasi datangnya air hujan bisa membantu mengoptimalkan jarak pandang pengemudi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: