Prosedur awal menolong korban kecelakaan

Biasanya jiwa sosial seseorang akan tergerak dengan sendirinya saat mengetahui ada kecelakaan lalu lintas. Namun memberi pertolongan pada korban kecelakaan tidak bisa dilakukan begitu saja.

Jika tidak mengetahui prosedur pertolongan dan hanya menolong begitu saja karena pertimbangan kemanusiaan, bisa jadi malah berbahaya bagi korban. Jadi niat menolong bisa jadi berakhir dengan hal buruk bagi korban.

CEO Safetycode, Adhi Nugroho mengatakan, banyak kematian terjadi pada korban kecelakaan karena pertolongan pertama yang tidak sesuai prosedur melakukan pertolongan. “Karena salah pertolongan di awal mengakibatkan banyak terjadi fatalitas,” kata CEO Safetycode, perusahaan jasa kesehatan dan keselamatan kerja.

Menurut Adhi Nugroho seperti dilansir Liputan6.com, ada sejumlah prosedur tindakan yang perlu diperhatikan saat ingin membantu korban kecelakaan. Pertama-tama harus dipastikan kondisi di sekitar korban aman. Lalu periksa respon korban.

Bila kondisi korban masih sadar, maka bisa diajak berkomunikasi. Namun bila sudah tidak sadar, periksa pernapasan. Caranya paling mudah adalah memperhatikan detak jantung korban yang biasanya turun naik. Cara lain bisa mengecek denyut nadi pada tangan.

ilustrasi kecelakaan

ilustrasi kecelakaan

Selanjutnya, jika korban mengalami luka parah, atau ada potensi cedera pada rongga badan, maka para penolong tidak diperbolehkan memindahkan korban sebelum ada petugas medis datang. Saat petugas medis datang, harus diberikan ruang gerak yang leluasa agar bisa memberikan bantuan medis yang maksimal.

“Kalau korban cedera parah jangan dipindah,” kata Adhi Nugroho.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: