Mengapa bisa terjadi rem blong pada mobil? Ini gejala-gejalanya

Peristiwa rem blong pada kendaraan roda empat sebenarnya jarang terjadi. Namun bila hal itu terjadi, berarti perawatan rem kendaraan oleh pemiliknya tidak pernah diperhatikan. Padahal rem blong pada mobil dapat menyebabkan akibat yang fatal.

Mengapa bisa terjadi peristiwa rem blong pada mobil ? Berikut beberapa faktor penyebabnya seperti dilansir dari Kompasotomotif:

1. Kanvas rem habis

Kanvas rem yang habis menjadi faktor yang umum terjadinya rem blong. Karena kanvas habis, maka gaya menekan kanvas untuk menjepit cakram rem akan makin dalam. Gejalanya ada pada saat menginjak pedal rem yang dirasa tidak normal, atau injakannya harus terasa lebih menekan agar mobil mau berhenti.

2. Udara masuk pada sirkulasi minyak rem

Peristiwa ini bisa menyebabkan rem blong karena saat pedal rem digunakan, tekanan cairan hilang karena berganti dengan angin. Kondisi ini sebenarnya hanya berlangsung sebentar.

Pedal rem

Pedal rem

Namun kalau kondisi ini terjadi ketika Anda memerlukan pengereman mendadak, potensi bahayanya sangat besar. Untuk mengembalikan tekanan cairan minyak rem, maka bisa dilakukan dengan cara menekan berulang-ulang pedal remnya.

Maka perlu diperhatikan keberadaan kondisi cairan minyak rem yang ada pada bagian pedal rem. Jika terlalu banyak angin, mesti dikeluarkan terlebih dahulu.

3. Rem cakram dan tromol yang jarang dibersihkan

Selain itu, kondisi rem yang tidak sering diatur secara berkala. Hal ini tentu saja akan menyebabkan gangguan-gangguan pada sistem rem sehingga membuat rem tidak berfungsi sempurna saat diperlukan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: