Kawasaki siapkan turunan H2 pada konsep Super Charger 01

Besarnya keuntungan bisnis yang didapat Kawasaki terhadap produk Ninja H2 dan H2R yang memiliki mesin super, membuat pabrikan Jepang tersebut ingin melahirkan produk yang serupa.

Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015 ini, Kawasaki menampilkan konsep produk dengan mesin berkapasitas super yang diberi sebutan Concept SC 01 atau Spirit Charger.

Dari diskusi yang dilakukan pihak Kawasaki dengan peserta termasuk media massa, untuk membahas produk konsep yang memiliki mesin supercharger terbaru tersebut.

Diperoleh keterangan adanya beberapa persamaan antara Spirit Charger dengan H2/H2R misalnya pada turbin yang ada di bawah tangki dan menyatu dengan jok. Dengan saluran udara khusus yang memanjang dari atas radiator yang berada di sisi depan kendaraan, udara dialirkan ke supercharger.

Dari sinilah kemudian teknologi forced induction atau sistem pembakaran pada mesin dengan menambah udara bisa dikompres ke dalam ruang bakar (supercharged). Hasilnya adalah tenaga mesin yang bisa bertambah besar yang membuat performa motor juga makin besar.

sketsa Kawasaki konsep SC 01

sketsa Kawasaki konsep SC 01. (Kompasotomotif)

Inilah yang kemudian membuat Kawasaki Ninja H2/H2R begitu digdaya dan disukai konsumen. Imbasnya permintaan dua model Ninja tersebut memberi keuntungan bisnis bagi Kawasaki.

Persamaan lainnya adalah konsep SC 01 juga memiliki spoiler mini pada hidung, seperti H2 atau H2R. Spoiler mini pada SC 01 bentuknya tidak setajam H2 atau H2R tapi kurva. Sementara untuk urusan bodi, SC 01 terlihat lebih ringkas karena keberadaan rangka teralis yang sederhana.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: