Ini bagian mobil yang rawan karat dan jamur saat musim hujan

Memasuki musim penghujan saat ini, satu hal yang juga menjadi pemikiran pemilik mobil adalah karat dan jamur pada kendaraan mereka. Munculnya karat dan jamur pada mobil karena intensitas datangnya air hujan yang tidak menentu.

Sehingga yang terjadi banyak bagian mobil terkena karat ataupun jamur. Berikut beberapa titik pada mobil yang rawan terkena karat ataupun jamur saat musim hujan:

1. Kolong mobil

Salah satu bagian mobil yang sangat mudah terkena karat adalah bagian bawah mobil (kolong mobil). Mengapa? Karena bagian ini sering terkena air hujan. Selain itu, bagian bawah mobil jarang dibersihkan kondisinya karena pemilik kesusahan menjangkau bagian tersebut.

Jadi ketika membersihkan mobil, pastikan semua bagian mobil bisa dibersihkan termasuk pada bagian bawah mobil agar mobil tidak karatan yang jika dibiarkan lama bisa menimbulkan jamur.

kolong mobil

kolong mobil. (detikOto)

2. Kaca

Pemilik mobil bisa melihat pada sambungan karet pada kaca mobil depan ataupun belakang. Di titik inilah, kotoran banyak ditemui yang berasal dari debu dari sapuan wiper atau juga kotoran dari atap mobil.

Sehingga bagian sambungan karet ini juga harus dibersihkan dari kotoran agar tidak menjadi kertas yang bisa berubah menjadi kerak. Selain itu, karet juga akan menjadi keras, tidak elastis lagi.

3. Talang air

Pada mobil tertentu, talang yang ada di bagian atas mobil dilapisi karet. Ketika air hujan datang, dibuat dari atap melalui talang air. Nah ketika mobil diam dan diguyur hujan atau setelah dicuci, air akan menggenang.

Jika genangan air itu berada pada lapisan karet tersebut, akan membuat karet mengeras dan aliran air terhambat. Apalagi jika tercampur dengan kotoran, akan mengakibatkan oksidasi dengan udara.

Yang terjadi berikutnya air menggerogoti plat dan lalu menjadi karat. Tanda-tandanya adalah cat yang terkelupas atau bodi mobil jari keropos.

4. Sepatbor

Celah plastik penutup fender dengan bodi juga menjadi bagian mobil yang bisa terkena karat akibat air hujan yang bercampur dengan kotoran yang tidak dibersihkan. Untuk itu, saat mencuci, bagian tersebut harus ikut dibersihkan dengan air bertekanan tinggi.

5. Engsel pintu

Bagian mobil yang kerap karatan adalah engsel pintu. Tandanya adalah pada saat pintu mobil dibuka, terdengar suara berdecit. Untuk itulah, setelah dicuci, bagian engsel pintu harus dibersihkan juta ditambahi dengan cairan penetran.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: