Bagian mobil yang wajib dicek ketika hendak bepergian

Melakukan pengecekan mobil harus dilakukan secara rutin agar kondisi mobil tetap prima. Apalagi jika mobil tersebut akan dipakai untuk menempuh perjalanan jauh, pengecekan menjadi wajib dilakukan, guna menjaga segala sesuatu yang tidak diinginkan saat berada di perjalanan. Bagian mobil yang mana saja yang harus dicek sebelum menempuh perjalanan jauh?

20120522_033419_20120522_CekMobilBaru-01

Periksa semua cairan

Seperti halnya tubuh manusia, keberadaan cairan juga sangat dibutuhkan oleh kendaraan. Itu sebabnya jangan lupa untuk mengecek minyak rem, oli mesin, serta oli power steering. Selain pelumas, air radiator atau coolant dan air sabun untuk wiper jumlahnya juga harus tersedia dengan cukup.

Elemen pencahayaan dan wiper

Kondisi cuaca selama dalam perjalanan terkadang tidak seperti yang kita perkirakan. Bisa jadi saat akan berangkat kondisi cuaca cerah, namun saat di perjalanan turun hujan dengan sangat lebat atau kabut yang tebal hingga mengganggu pandangan. Untuk itu pastikan lampu utama, lampu kabut, juga DRL dalam kondisi yang prima. Periksa juga apakah karet wiper masih cukup kenyal untuk membersihkan air yang menempel pada kaca. Sebab jika karet wiper sampai keras, kaca mobil berisiko tergores.

Periksa permukaan ban

Sebagai komponen yang berinteraksi langsung dengan jalan, kondisi ban akan memberi pengaruh yang langsung pula terhadap pengemudi dan penumpang. Kondisi ban yang ideal, tidak saja akan memberikan kenyamanan tapi juga keamanan selama dalam perjalanan. Karena itu, pastikan, apakah kondisi permukaan ban benar-benar sempurna dan tekanan anginnya sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Periksa komponen karet

Komponen mobil yang menggunakan bahan dasar karet rentan getas dan retak jika digunakan terus menerus. Itu sebabnya, sebelum melakukan perjalanan jauh, periksa belt apakah masih lentur, serta komponen-komponen yang terhubung dengan selang seperti komponen yang mendukung AC, sistem kelistrikan, dan sistem pendingin mesin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: