Pelajari diri Anda agar tak ngantuk saat mengemudi

Diterbitkannya UU No.22/2009 bukan tanpa alasan. UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut mewajibkan kepada semua pengemudi untuk berkosentrasi, dan secara khusus disebutkan, salah satu yang dapat merusak konsentrasi saat mengemudi adalah mengantuk. Itu sebabnya, jika seseorang mengemudi dalam keadaan mengantuk, maka akan dikenai sanksi pidana penjara paling lama 3 bulan atau denda sebesar Rp.750.000.

Bukti dari bahaya mengemudi saat mengantuk bisa dilihat dari data yang dirilis oleh Polda Metro Jaya yang mengatakan bahwa sepanjang tahun 2014, setiap 4 hari sekali terjadi 1 kasus kecelakaan yang disebabkan karena pengemudi mengantuk.

028862400_1430901688-Capture

Banyak para pakar kesehatan yang mengatakan bahwa mengemudi dalam keadaan mengantuk sama halnya dengan mengemudi dalam kondisi mabuk. Pada saat itu otak tidak dapat berfungsi dengan baik, konsentrasi menurun, kewaspadaan berkurang dan refleks seseorang akan menjadi hilang. Padahal untuk dapat mengemudi dengan baik dibutuhkan konsentrasi tinggi.

Untuk menghindari rasa kantuk yang menyerang pada saat mengemudi seseorang harus memiliki waktu tidur yang cukup. Sebab datangnya rasa kantuk bukan disebabkan karena makan yang terlalu kenyang, atau sebab-sebab yang lain, tapi karena jam tidur dari orang tersebut yang kurang. Selain itu, setiap orang harus mengenali jam biologis masing-masing, karena waktu tidur dari masing-masing orang berbeda-beda. Disaat waktu tidur itulah, seseorang sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengemudi.

Jangan pernah menganggap bahwa kopi atau caffein serta minuman berenergi lainnya dapat mengusir rasa kantuk yang menyerang, karena minuman tersebut hanya bersifat stimulan yang bekerja dalam waktu yang singkat. Satu-satunya obat yang paling mujarab untuk mengusir rasa kantuk hanya satu, yakni tidur!.

Karena itu, meski perjalanan yang harus Anda tempuh masih cukup jauh, jika rasa kantuk tidak dapat tahan, segera cari tempat yang aman dan nyaman, dan luangkan waktu sejenak, sekitar 10 – 15 menit untuk tidur.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: