Imbas penjualan buruk, Harley-Davidson rumahkan 250 pekerja

Pada kuartal ketiga 2015 yang berakhir bulan September yang lalu, Harley-Davidson menorehkan catatan buruk dari sisi penjualan. Karena pabrikan otomotif asal Milwaukee, Amerika Serikat ini hanya mampu menjual 72.128 unit sepeda motor di seluruh dunia, atau turun 1,4 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang mencatat hasil penjualan sebanyak 73.217 unit.

Dampak dari penurunan angka penjualan tersebut menimpah para pekerjanya, karena respon yang dilakukan pihak Harley-Davidson berupa pemecatan 250 orang pekerja atau sekitar 4 persen dari seluruh tenaga kerja yang ada.

Pemberhentian 250 pekerja tersebut sudah barang tentu bakal menambah beban perusahaan pada kuartal keempat nanti sebesar 30 – 40 juta dollar AS, karena proses pemberhentian hubungan kerja tersebut dilakukan sepihak atau pihak Harley-Davidson memberikan pensiun dini kepada para pekerja dengan konsekuensi pesangon bagi mereka.

Penurunan angka jual itu sendiri, jika dinominalkan sebenarnya mengalami kenaikan meskipun nilainya terbilang sedikit, karena jika pada tahun sebelumnya nilai penjualan sebesar 1,13 miliar dollar AS, pada tahun ini meningkat menjadi 1,14 miliar dollar AS. Persoalannya, laba operasi bisnis yang diperoleh Harley-Davidson turun dari 150,1 juta dollar AS di tahun 2014 menjadi 140,4 juta dollar AS.

Sementara disaat yang sama, perusahaan ini menaikkan anggaran untuk pemasaran sebesar 65 persen dan untuk pengembangan produk meningkat menjadi 35%. Besarnya kenaikan anggaran yang harus dikeluarkan tersebut menjadi tidak seimbang dengan pemasukan, karena total investasi baru hanya mencapai 70 juta dollar AS.

Terkait dengan persoalan pemberhentian sejumlah tenaga kerja, President and CEO of Harley-Davidson, Matt Levatich mengungkapkan, perusahaannya menginginkan lingkungan kerja yang kompetitif untuk menapak masa depan yang lebih cerah. Sedang alasan ditingkatkannya anggaran untuk pemasaran dan pengembangan produk, menurut Levatich, lebih kepada upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan mempercepat pengembangan produk-produk baru serta menggaet para pengendara baru, utamanya yang ada di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: