Tips modifikasi audio mobil untuk memanjakan telinga

Kebanyakan para pemilik kendaraan roda empat paling suka memodifikasi mobil pada bagian yang bisa dilihat mata, seperti velg, body-kit, pengecatan, lampu, atau desain interior. Namun, tidak sedikit juga yang ingin memanjakan telinga dengan melakukan custom audio.

Berbeda dengan modifikasi yang bisa langsung dilihat dengan mata, menikmati hasil dari custom audio tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Karena keindahan yang disuguhkan audio, hanya bisa dirasakan tatkala kita memasuki kabin mobil, duduk santai sambil memejamkan mata, dan menikmati alunan yang keluar dari car audio. Disinilah letak nilai seninya, berikut keunikan dan eksklusifitasnya.

sidomi.com

sidomi.com

Berbicara tentang kualitas audio mobil, sifatnya cenderung subjektif karena selera seseorang tidak sama antara satu dengan lainnya, dan selera tersebut acapkali merujuk pada selera musik dari si pemilik mobil. Itu sebabnya untuk modifikasi audio dikenal dua kategori, yakni SQ (Sound Quality) serta SQL (Sound Quality Loud).

Mereka yang menyukai genre musik klasik, country, blues, atau jazz, pada umumnya lebih menyukai sistem SQ, karena sajian musik yang ideal buat mereka adalah yang mempunyai tingkat presisi rekaman yang sempurna, sehingga untuk bisa menikmati setiap detil suara, dibutuhkan kualitas audio yang dapat menyuguhkan clarity/kejernihan, kedalaman suara serta dapat membangun staging dan imaging atau seolah-olah memboyong panggung konser ke dalam kabin mobil.

Untuk mendapatkan kesempurnaan SQ bukan hanya budget yang jadi ukuran, meskipun dana sedikit banyak juga ikut menentukan. Tapi yang utama adalah teknik penyetelan suara yang akan dapat mencapai titik sempurna jika dibantu dengan prosesor tambahan.

Berbeda dengan SQ, sistem SQL pada umumnya digunakan oleh mereka yang menyukai musik-musik beraliran RnB, dangdut, atau House Music yang lebih menonjolkan sisi SPL (Sound Pressure Loud) sehingga kekerasan suara lebih diperhitungkan sambil mengkombinasikannya dengan nuansa SQ.

Untuk mendapatkan kualitas SPL seperti yang diharapkan, maka perlu adanya penambahan subwoofer louder, sehingga suara yang keluar dapat lebih menghentak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: