Tips memilih ban kendaraan supaya berkendara lebih nyaman

Ban kendaraan tidak hanya ikut menentukan kenyamanan, tapi juga menjadi salah satu bagian utama untuk mendukung keselamatan saat berkendara. Sebab, kondisi jalan dan medan yang dilalui tidak selalu sama, terkadang kering, tidak jarang basah, kadang melintas di jalan yang halus, tapi juga tidak menutup kemungkinan melewati jalan yang berbatu dan berlubang.

Untuk itulah dalam memilih dan menggunakan tipe ban tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Sebab jika keliru dalam memilih, bukan saja akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, tapi juga meningkatkan risiko keamanaan bagi diri pengendara.

Ban tubeless_

Ban tubeless_

Berikut beberapa tips dalam memilih dan menggunakan ban kendaraan yang benar:

Pilih sesuai kebutuhan

Kendaraan yang Anda miliki pasti tidak hanya melintasi satu jenis medan, tapi juga melewati banyak tempat dengan berbagai tipe jalan. Namun, diantara berbagai tipe jalan tersebut, pasti ada yang paling sering dilewati. Memilih jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan adalah memilih ban yang sesuai dengan jalan yang paling sering dilewati agar kenyamanan dalam berkendara bisa didapatkan.

Untuk mendapatkan kesesuaian jenis ban dengan kebutuhan juga harus mempertimbangkan coumpond yang diaplikasikan pada ban. Jika dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya memakai ban yang tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lunak. Tujuannya agar grip pada ban dapat bekerja lebih baik saat melintas di jalan. Disamping itu, masa pakai ban juga lebih lama.

Gunakan ban beralur banyak dan dalam

Untuk mobil balap menggunakan ban yang soft dengan alur sedikit memang lebih baik, tapi tidak demikian halnya dengan kendaraan yang dipakai sehari-hari. Ban dengan alur yang banyak dan dalam akan lebih ideal untuk dipakai karena dapat mengurangi risiko Aquaplaning, yakni kondisi terbentuknya lapisan air antara ban dengan permukaan jalan yang dapat membuat ban kehilangan traksi, sehingga dapat menyebabkan pengendara hilang kendali. Kondisi Aquaplaning ini dapat dihindari, karena saat kendaraan melintas di jalan basah, air pada ban akan turun ke permukaan dengan lebih cepat.

Pilih ban berkualitas dengan merek terpercaya

Ban yang memiliki kualitas baik sudah barang tentu harganya lebih mahal, apalagi jika diproduksi oleh perusahaan terkenal. Namun jaminan keamanan dan keselamatan yang diberikan oleh ban tersebut lebih bisa diandalkan.

Gunakan Ukuran Pas dan Perhatikan Tekanan Angin

Agar kendaraan senantiasa aman dikendalikan, gunakan ban dengan ukuran yang sesuai rekomendasi pabrik serta jangan lupa untuk senantiasa memeriksa tekanan angin pada ban, minimal sekali dalam sebulan. (*)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: