Manfaat cuka bagi kebersihan mobil

Selama ini, cuka kita kenal sebagai pelengkap makan bakso atau bahan pembuat acar, serta untuk berbagai kebutuhan lainnya yang terkait dengan makanan. Tapi, tahukah Anda bahwa cuka juga bermanfaat untuk membersihkan berbagai noda membandel yang melekat di mobil?

Bahkan, dengan cuka Anda tidak akan sulit untuk membersihkan interior, apalagi sampai membawa mobil ke tempat poles. Berikut beberapa manfaat dari cuka untuk membersihkan kendaraan Anda:

Usir bau tidak sedap

Pengharum ruangan terkadang tidak mampu mengusir bau tidak sedap yang memenuhi ruang kabin. Jika itu yang terjadi, cobalah meletakkan segelas cuka di dalam kabin dan biarkan selama semalam. Esok harinya, bau tidak sedap tersebut dijamin tidak tercium lagi.

Bersihkan Karpet Mobil

Kotoran yang melekat pada karpet mobil, seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu solusi terbaik adalah mencampur cuka dan air dengan perbandingan yang sama kemudian dioleskan pada noda di karpet. Selanjutnya bersihkan noda tersebut memakai handuk atau kain, dan dijamin noda yang bandel akan mudah dibersihkan.

Copot stiker

Terkadang stiker yang dipasang di bagian kaca mobil sulit sekali dilepas, sehingga meninggalkan kotoran bekas sobekan. Tidak usah khawatir, karena cukup dengan ditetesi cairan cuka, bekas sobekan stiker tersebut akan mudah dikelupas.

Bikin komponen krom mengkilap

Bagian mobil yang terbuat dari krom seperti velg, list, serta bagian lainnya rentan sekali untuk kusam meskipun sudah dicuci secara rutin. Untuk mengatasinya, basahi permukaan krom yang telah dicuci dengan cairan cuka, lalu usap dengan kain. Dalam sekejap, krom yang kusam akan kembali terlihat mengkilap.

Kembalikan elastisitas karet wiper

Cairan cuka selain efektif untuk membersihkan kotoran yang melekat pada wiper, juga dapat dipakai untuk mengembalikan elastisitas karet wiper yang mulai mengeras. Tidak percaya? Silahkan dicoba!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: