CB150R StreetFire VS V-Ixion, mana yang terbaik?

Sudah menjadi rahasia umum jika terjadi persaingan ketat antara New V-Ixion Advance dengan All-New CB150R untuk segmen motor sport kelas 150 cc. Persaingan tersebut bahkan sudah berlangsung selama puluhan tahun, mengingat keduanya menawarkan produk untuk segmen yang sama. Diantara kedua motor tersebut, mana yang terbaik, produk Yamaha atau produk Honda? Berikut perbandingan spesifikasi dari kedua motor tersebut:

Meski memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang sama yakni 12 liter, namun All-New CB150R lebih berat 5 kg yakni berbobot 136 kg sementara New V-Ixion berbobot 131 kg. Hal tersebut tidak mengherankan karena meski sama-sama ramping namun CB150R memiliki body yang sedikit lebih panjang dengan jarak jok ke tanah lebih tinggi sekitar 0,7 mm.

CB150R StreetFire VS V-Ixion

otomotif.kompas.com

Untuk urusan mesin, teknologi yang diusung kedua motor tersebut berbeda, yakni teknologi DOHC dan SOHC. CB150R yang menggunakan teknologi DOHC memiliki tenaga yang lebih besar dibanding pesaingnya. Namun teknologi SOHC yang dipakai V-Ixion memiliki keunggulan dari sisi tarikan awal yang lebih cepat. Sementara untuk tarikan diawal akselerasi keduanya bisa dibilang seimbang karena CB150R memiliki transmisi 6 percepatan yang dapat membantu akselerasi sementara V-Ixion memiliki data torsi yang lebih besar yakni 14,5 Nm@7.500

Spesifikasi lainnya yang menarik untuk diperbandingkan adalah ukuran ban. Awalnya V-Ixion memang memiliki ukuran ban yang lebih lebar, namun Honda kemudian membalikkan keadaan dengan menyematkan ban depan pada CB150R berukuran 100/80-17 52P dan ban belakang berukuran 130/70-17 62P. Sementara ban yang disematkan Yamaha untuk V-Ixion berukuran 90/80-17 46P untuk ban depan dan 120/70-17 58P untuk ban belakang.

Spesifikasi dari motor berkelas sama tersebut memang ada sedikit perbedaan, tentang mana yang terbaik tentunya juga dipengaruhi oleh selera dari konsumen.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: