Amerika recall 16 unit Yamaha R3 buatan Indonesia

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) harus menerima kenyataan pahit terhadap produk ekspor mereka di Amerika Serikat yang harus terkena recall oleh badan keselamatan berlalu lintas di negera Barack Obama itu.

Ya, Yamaha R3 buatan Indonesia yang diekspor ke AS terpaksa harus ditarik dari peredaran karena mengalami permasalahan pada bagian steering motor. Yamaha R3 adalah versi Amerika dari Yamaha YZF R25 yang telah diekspor ke sejumlah negara termasuk ke Amerika.

Di negeri Paman Sam ini, Yamaha R3 memiliki kapasitas kubikasi mesin lebih besar yaitu 300 cc. Adanya masalah pada bagian steering Yamaha R3 dikeluarkan oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA) yang lalu dibuat laporannya oleh sejumlah media d AS.

Menurut NHTSA, masalah bagian steering Yamaha R3 terjadi pada segitiga setang (handle crown)  karena adanya retakan saat diteliti. Terjadinya retakan pada handle crown ini memicu terjadinya kehilangan kontrol kemudi oleh pengendara. Dampak berikutnya adalah akan menimbulkan peningkatan resiko kecelakaan.

Yamaha R3

Yamaha R3. (enoanderson)

Beruntung, jumlah unit Yamaha R3 yang terkena dampak handle crown retak ini hanya 16 unit saja. Belasan unit yang diproduksi mulai tanggal 1 Januari hingga 30 Agustus 2015 tersebut akan ditarik mulai Oktober 2015 ini.

Penarikan 16 unit Yamaha R3 ini akan dilakukan oleh Yamaha Amerika Serikat dengan terlebih dahulu memberi pengumuman kepada konsumen. Lalu diler Yamaha disana akan mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru tanpa memungut biaya sedikitpun kepada konsumen.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: