Motor tua bagusan pakai oli kental atau encer?

Bagi sebagian masyarakat mungkin masih ada yang belum terlalu paham mengenai teknik perawatan motor yang benar, khususnya motor yang sudah berumur, sehingga kebanyakan dari para pemilik motor tua tersebut banyak yang salah paham akan beberapa hal termasuk dalam memilih pelumas yang tepat untuk diaplikasikan pada mesin motor tua tersebut.

Mengaplikasikan pelumas yang tepat pada mesin kendaraan bermotor merupakan salah satu syarat utama agar performa mesin motor tersebut selalu terjaga. Lalu, bagaimana sebaiknya dalam memilih pelumas yang tepat untuk motor tua? Jenis pelumas yang seperti apa yang tepat untuk diaplikasikan pada motor tua?

Motor klasik bersespan

Motor klasik bersespan

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, cukup banyak pemilik motor yang salah kaprah, termasuk saat memilih pelumas, sehingga mereka malah kurang tepat dalam memilih pelumas untuk diaplikasikan pada motor mereka.

Nah, berdasarkan saran yang disampaikan oleh Salam Isadat selaku Technical Service Engineer Motul for Indonesia yang menyatakan bahwa motor tua memiliki mesin yang belum mengalami rekondisi sehingga sebaiknya para pemilik motor tersebut mengaplikasikan pelumas yang kekentalannya mencapai 20W50 atau 15W50, pasalnya teknologi yang digunakan untuk membuat mesin motor tua tersebut belum sebagus seperti motor-motor jaman sekarang.

Sementara itu, masih menurut penuturan Salim, terkadang ada beberapa pemilik motor yang menganggap bahwa motor tua tidak cocok bila menggunakan pelumas sintetik, padahal anggapan tersebut sebenarnya tidak tepat, pasalnya pelumas full synthetic berfungsi cukup baik bila diterapkan baik pada motor baru ataupun motor yang sudah cukup berumur (motor tua). Selain itu, pengaplikasian pelumas sintetik pada motor akan membuat mesin lebih terawat dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: