Lebih dekat dengan Ninja bertenaga listrik

Setelah Harley Davidson, Yamaha, dan Honda dikabarkan akan memproduksi secara massal motor yang menggunakan penggerak bertenaga listrik dalam waktu dekat, menyusul Kawasaki yang juga tertarik untuk mengembangkan dan memproduksi motor listrik. Ketertarikan Kawasaki tersebut ditandai dengan didaftarkannya hak paten untuk teknologi yang dikembangkannya, yang diberi nama regenerative braking.

Teknologi regenerative braking sendiri adalah teknologi penghasil energi listrik dengan cara mengubah energi panas dan energi gerak yang dihasilkan saat pengereman. Teknologi tersebut pada dunia motor listrik sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena sejak beberapa tahun terakhir, Zero Motorcycle, salah satu produsen motor listrik dari USA telah melakukan riset untuk mengembangkan teknologi tersebut.

301187_sketsa-kawasaki-ninja-versi-listrik-_663_382

Selama ini teknologi tersebut dipandang memiliki sisi kelemahan yang cukup signifikan, yakni menurunnya kecepatan motor secara drastis ketika pengendara mengurangi kecepatan laju motornya. Namun, Kawasaki konon telah mampu memecahkan persoalan tersebut dengan cara menempatkan beberapa sensor.

Teknologi yang dikembangkan oleh Kawasaki tersebut berdasarkan hak paten yang didaftarkannya, hanya akan berfungsi ketika pengendara menekan rem atau pada saat menutup tuas gas, dan fitur yang dihasilkan teknologi ini masih tetap berfungsi ketika laju motor melambat seperti pada saat melewati tikungan. Sehingga persoalan menurunnya kecepatan secara drastis pada saat motor dilambatkan dapat diatasi oleh teknologi yang dikembangkan Kawasaki.

Tidak hanya teknologi regenerative braking saja yang hak patennya didaftarkan oleh Kawasaki, tapi juga nama yang akan dipakai untuk identitas dari dua motor yang akan diproduksi, yakni: Ninja ER dan Ninja E2R. Kedua merek motor tersebut besar kemungkinan akan menggunakan teknologi regenerative braking ini dan akan diproduksi secara massal dalam kurun waktu 2 – 3 tahun ke depan. Selanjutnya, motor Ninja berpenggerak tenaga listrik, siap menyerang pasar otomotif dunia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: