Motor klasik nan unik ini bisa diajak gowes

Diantara berbagai jenis sepeda motor yang dipamerkan di ajang Indonesia Motorcycle Fest 2015, ada salah satu stand yang cukup menyita perhatian para pengunjung, pasalnya dalam stand tersebut dipajang sebuah motor tua bergaya klasik dan sangat unik.

Bila diperhatikan secara sekilas tampilan fisik dari motor berlabel Ducati tersebut tampak terlihat seperti sepeda, karena memiliki pedal yang dapat dikayuh layaknya sebuah sepeda ontel jaman dahulu.

Saat ditanya kepada pemiliknya, Sugeng menjelaskan bahwa motor klasik nan unik tersebut adalah salah satu motor antik besutan pabrikan otomotif ternama asal Italia, yakni Ducati yang diberi nama Ducati Cucciolo. Motor yang lebih sering dijuluki sebagai moped (motor sepeda) ini pertama kali diproduksi pada tahun 1946.

miliki-pedal-sepeda-motor-ducati-ini-bisa-digowes-OODMeN5oQE

Dan mulai tahun 1952 barulah Ducati berani memproduksi motor ini secara massal, hingga satu dekade berikutnya, tepatnya pada tahun 1962, akhirnya pihak Ducati memutuskan untuk menghentikan produksi dari motor berpedal ini.

Ketika ditanya mengenai fungsi pedal pada motor tersebut, Sugeng menjelaskan, bahwa selain untuk digowes seperti menggunakan sepeda ontel biasa, pedal pada motor tersebut juga berguna untuk menyalakan mesin dengan cara mengayuhnya ke depan.

Masih menurut penjelasan Sugeng, di Indonesia sendiri, hanya sedikit orang yang memiliki motor antik dan unik ini, dan dua diantaranya telah dimilikinya, kedua varian moped tersebut juga dalam kondisi sehingga masih dapat berfungsi dengan cukup baik.

Ketika disinggung mengenai kapasitas mesinnya, Sugeng menjelaskan bahwa Ducati Cucciolo yang beratnya hanya sekitar 44 kg ini memiliki mesin berkapasitas kecil karena hanya sebesar 49 cc, dengan kecepatan maksimal mencapai 40 km/jam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: