Mau motor tetap keren? Ikuti tiga tips berguna ini

Sebagai pemilik motor, sudah pasti anda ingin memiliki motor yang performa mesinnya selalu prima lengkap dengan kondisi fisik yang terlihat keren. Namun, tentunya motor dengan kondisi seperti itu tidak dapat anda miliki bila anda tidak merawatnya dengan baik dan secara rutin.

Masalahnya adalah, bagaimana cara perawatan motor yang tepat? Nah berikut ini ada beberapa tips perawatan motor yang dibagikan oleh Yohanes Didi Sugito dari Politeknik Manufaktur Astra.

  • Pelajari buku panduan dari produsen motor

Bila anda membeli sebuah sepeda motor baru, tentunya anda akan mendapatkan juga sebuah buku panduan dari pabrikan pembuat motor tersebut. Nah, pada buku panduan tersebut sudah tertulis acuan kapan sebaiknya para pemilik motor harus melakukan servis motor secara berkala, contohnya seperti 500 km, 2.000 km, 4.000 dan sebagainya.

Oleh sebab itu sebaiknya sebagai pemilik motor anda harus rajin memeriksa berapa km jarak yang telah ditempuh oleh motor anda, dan bila sudah mencapai batas km yang telah ditentukan pada buku panduan tersebut, maka anda harus segera ke bengkel untuk melakukan servis.

  • Perhatikan beban motor yang digunakan

Maksudnya adalah bila motor yang anda pakai tersebut setiap harinya harus dipaksa bekerja keras, contohnya bila hampir setiap hari harus digunakan di jalan yang macet, maka anda harus lebih sering memperhatikan perawatan saringan udaranya sebab bagian tersebut biasanya akan lebih cepat terkena debu.

  • Pilih oli yang sesuai dengan spesifikasi motor

Sebelum membeli dan mengaplikasikan oli pada motor anda, maka sebelumnya anda perlu untuk memastikan apakah oli tersebut sesuai dengan spesifikasi motor, sebab bila tidak oli tersebut malah akan merusak mesin motor.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: