Begini cara mematikan mesin mobil yang dianjurkan para mekanik

Mematikan mobil dengan cara yang salah bisa berakibat rusaknya komponen mobil. Potensi kerugian terbesarnya adalah rusaknya mesin mobil. Dampaknya memang tidak seketika.

Namun jika mematikan mobil secara salah itu dilakukan terus menerus tentu bisa kejadian rusaknya komponen mobil. Para mekanik bengkel otomotif memberi saran bagaimana mematikan mobil secara benar.

Pemilik mobil harus menghindari mematikan mobil saat putaran mesin masih tinggi. Jadi mereka harus menunggu hingga rpm mobil dalam posisi stabil. Ketika mesin masih memiliki putaran tinggi, pada saat itu, mesin membutuhkan pelumasan yang banyak.

ilustrasi mematikan mobil

(dituit.com)

Saat mesin dimatikan mendadak, tekanan pelumas mobil juga berkurang karena pemberian pelumas terhenti. Akibatnya bagian-bagian yang bersentuhan seperti dinding silinder akan lebih cepat aus. Perilaku salah lain yang harus dihindari adalah menarik gas saat kendaraan akan dimatikan.

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum mematikan mobil adalah memastikan semua komponen didalam mobil seperti lampu-lampu, sistem audio dan AC sudah dimatikan. Pengemudi mobil juga bisa memberi jeda waktu sejenak untuk tetap menghidupkan mesin walau mobil sudah tidak dipakai.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: