Produsen sepeda motor Italia akan bangun pabrik perakitan di Indonesia

Kabar menarik untuk dunia otomotif Indonesia datang dari Italia. Italjet, produsen sepeda motor Italia, berminat untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia. Informasi yang beredar target pembangunan pabrik tersebut dimulai 2015 atau 2018.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengatakan, niatan Italjet itu disampaikan langsung pemilik perusahaan kepada pihaknya saat melakukan lawatan ke beberapa negara Eropa, awal September lalu.

“Mereka infonya seperti itu. Ini tentu bagus untuk kita,” kata Saleh Husin seperti diberitakan Kompasotomotif, Kamis (17/9/2015).

Dikatakan Saleh Husin, pada tahap awal, Italjet akan memproduksi sepeda listrik. Seterusnya bisa saja beralih memproduksi sepeda motor konvensional. Pabrik ini nanti juga akan digunakan tempat bakal calon sepeda motor listrik kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Novemer (ITS) Surabaya.

Sepeda listrik Mantra buatan Italjet

Sepeda listrik Mantra buatan Italjet.(Kusnantokarasan)

Siapa lagi yang pelaku industri otomotif yang produknya akan dirakit di pabrik perakitan Italjet? Peugeot Scooter juga akan menjadi calon produk otomotif yang akan dirakit secara lokal di pabrik milik Italjet.

Kabarnya, pembangunan pabrik akan menggandeng mitra lokal PT Garansindo Inter Global, dengan target pembangunan mulai 2017 atau 2018. Untuk tahap awal, Italjet akan memproduksi sepeda listrik, kemudian beralih memproduksi sepeda motor konvensional juga.

“Mereka baru ucap niatnya, belum menyebut angka dan tepatnya kapan,” kata Saleh, menerangkan.

Pabrik ini, rencananya akan dimiliki mayoritas oleh Grup Garansindo. “Pokoknya (Italjet) bersama Garansindo akan investasi pabrik di Indonesia untuk rakit lokal dan ekspor,” kata Muhammad Al Abullah, Presiden Direktur Grup Garansindo.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: