Hati-hati beli mobil bekas di Jakarta. Ini penyebabnya

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil membekuk kawasan pemalsu dokumen pembelian mobil bekas. Komplotan yang tertangkap tersebut menyediakan jasa pemalsuan dokumen mobil-mobil curian dan mobil bodong untuk dijual lagi.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti mengatakan pembeli harus berhati-hati membeli mobil mobil bekas di Jakarta karena ada komplotan yang bisa memalsukan surat-surat kendaraan mobil bekas.

“Kepada masyarakat ketika nanti membeli mobil dicek betul surat surat dan dokumennya, karena pelaku ini sudah mampu membuat STNK dan BPKB palsu,” kata Krishna di Jakarta, Jumat (4/9/2015) seperti yang dilansir Kompas.com.

mobil bekas

Mobil bekas yang dijual di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Unit 1 Resmob Polda Metro Jaya Komisaris Doffie Fahlevi mengatakan jika dilihat secara kasat mata, dokumen tersebut sangat mirip. Namun, jika dibawa ke Samsat, maka akan terlihat palsunya. “Sangat sulit dilihat dengan kasat mata,” kata Doffie.

Polisi akhirnya bisa menangkap tiga dari sembilan komplotan ini. Ketiganya tertangkap setelah polisi menelusuri keberadaan mereka selama tiga hari di Mangga Besar. Tersangka yang pertama ditangkap yakni BA. Pelaku tertangkap menggunakan mobil Jazz dengan surat-surat palsu. Dari pelaku BA, polilsi lalu menciduk TS dan RA.

TS dan RA meminta BA untuk membuat STNK dan BPKB palsu. Namun begitu, pembuat dokumen kendaraan mobil bekas ini hingga saat ini belum bisa ditangkap petugas. Profesi BA sendiri sebagai calo untuk memalsukan dokumen tersebut. Ia sudah melakukan kejahatan tersebut selama dua tahun dengan puluhan dokumen kendaraan yang dipalsukan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: