Anda terkena diabetes? ini sepuluh cara makan yang sehat untuk diabetes

Kita membutuhkan energi untuk membantu aktifitas sehari-hari. Perut dan usus kita mencerna karbohidrat yang dikonsumsi dalam diet sehari-hari yang disebut glukosa, menjadi sumber energi utama tubuh. Setelah dicerna, tingkat glukosa dalam darah meningkat. Jika glukosa darah naik diatas 180mg/100ml, dibuang melalui urin. Insulin yang normal, hormon prinsip yang diproduksi oleh sel beta pankreas, membantu untuk memanfaatkan glukosa guna memproduksi energi oleh tubuh.

Itu merangsang sel untuk mengambil glukosa mempertahankannya pada level dalam batasan tertentu. Dalam diabetes, pankreas tidak memproduksi cukup insulin ataupun bisa memproduksi insulin tidak bisa secara efisien digunakan oleh tubuh untuk mengontrol secara efektif glukosa darah mempengaruhi metabolisme beberapa nutrisi dengan sejumlah efek buruk.

Namun begitu, dengan managemen modern, pasien tetap dapat terbebas dari gejala diabetes dan mengatur kesehatan yang baik.

Kebutuhan diet diabetes tidak perlu penanganan yang lengkap dari diet normal.

Kebutuhan nutrisi diabetes sama dengan non diabetes. Diet normal di India biasanya karbohidratnya tinggi dan rendah pada lemak, dimana karbohidrat memberikan 60-65 persen sedangkan leman menyediakan 15-25 persen dari total kalori. Selebihnya diberikan oleh protein.

salad buah

salad buah

Sehingga diet normal adalah diet yang ideal untuk diabetes. Namun begitu, asupan gizi harus dibuat untuk individu berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktifitas fisik, kebutuhan fisiologis pasien.  Berikut sepuluh cara (tip) bagi Anda untuk tetap memeriksa diabetes dalam tubuh seperti yang dilansir indiatimes.com:

1.Kelola persentase lemak dalam tubuh yang sehat serta kelola level gula darah.

2. Meratakan jarak makan ( setiap 3-4 jam sudah ideal)

3. Hindari atau minimalkan penggunaa alkohol (kurang dari lima gelas satu Minggu)

4. Makan karbohidrat lengkap seperti biji-bijian, gandum, beras merah dan menghindari makanan olahan. Karbohidrat lengkapmembantu dalam memperlambat atau menstabilkan pelepasan gula dan energi yang dibutuhkan tubuh.

5. Makan protein tipis seperti susu rendah lemak atau produk susu rendah lemak seperti telur putih, ayam dan ikan. Protein harus disediakan dalam jumlah yang sesuai untuk mengelola komposisi tubuh yang normal (periksa selalu berat badan) dan mencegah penipisan massa jaringan lemak. Makanlah makanan yang banyak protein pada setiap makanan.

6. Seimbangkan jumlah serat dalam bentuk segala bentuk dari biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan salad harus disediakan untuk membantu menurunkan gula darah dan tetap menjaga kolesterol darah dalam pengawasan.

7. Olahraga setidaknya3-6 jam satu Minggu ( mengkombinasikan latihan ketahanan dan latihan aerobic sama-sama ideal). Olahraga membantu sensitifitas insulin.

8. Makan makanan yang mengandung lemak omega-3 seperti ikan, kedelai, kenari, biji rami, sayuran hijau daun.Makanan-makanan ini membantu dalam sensitifitas insulin yang lebih baik.

9. Hindari gula, garam dan makanan berlemak: salah satunya dapat menggunakan rempat-rempah dan bumbu dalam rangka meningkatkan penyedap daripada menggunakan lebih banyak garam.Garam dapat digantikan oleh rempah-rempah seperti lada hitam, cabe, jamu seperti kemangi, seledri, dan bumbu seperti cuka. Makanan gorengan harus benar-benar dihindari untuk penderita diabetes.

10. Makananlah dengan bijak pada saat ikut pertemuan sosial.

Hal paling penting adalah memiliki keyakinan dan pintar dalam memilih makanan yang sehat. Menahan diri adalah hal yang bijak. Begini caranya:

-Pilah makanan yang rencananya dimasak tanpa terlalu banyak minyak (goreng) dan pilih dengan dikukus, dipanggang.

-Hindari saus berlebihan.

-Hindari makanan olahan.

-Hindari kuah daging seperti kari ayam, makan saja potongan ayamnya dan tinggalkan kari-nya.

-Pastikan makan salad sesuai kebutuhan

-Piih salad buah daripada makanan penutup.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: