Tiga aktifitas ruang kelas yang membantu siswa awali tahun ajaran baru

Untuk siswa memiliki masalah di sekolah atau baru saja mendapat liburan yang buruk, sangat penting untuk masuk tahun ajaran baru dengan kondisi yang segar. Mereka harus memiliki cara pikir positif dalam menghadapi pelajaran sehingga jadi lebih menyenangkan selama berada di kelas.

Berikut tiga aktifitas yang bisa membantu para siswa mengawali tahun ajaran baru seperti yang ditulis Mauricio Elias, seorang profesor psikologi Rutgers University seperti dilansir edutopia.com:

Siapa saya? Identitas dan tujuan

Saat ini siswa sudah kembali ke sekolah, Inilah waktu yang baik untuk membantu mereka kembali fokus pada pelajaran, kekuatan mereka, personal serta sumber lain yang akan membantu mereka sukses.

Para siswa dapat mengisi pertanyaan berikut secara individual, lalu dibagi dala pasangan, diskusi dalam grup kecil, kemudian bagikan ke siswa bagaimana respon mereka (ssiwa cenderung lebih nyaman membagi pertanyaan nomor 2, 4 dan 6 di bawah ini saat berada di grup yang lebih banyak).

siswa

Siswa

Guru juga bisa menggunakan bentuk berbagi kreatif lain, misalnya meminta siswa membuat kolase atau membuat grafik dengan semua jawaban mereka pada setiap jawaban atau tiga jawaban pada setiap pertanyaan. Pertimbangkan pula untuk mengintegrasikan kegiatan ini ke dalam setiap jurnal tulisan yang bisa dibuat para siswa.

  1. Apa yang memotivasi saya?
  2. Apa kemampuan terbaik saya?
  3. Bagaimana kelompo mempengaruhi saya?
  4. Kapan dan dengan siapa situasi terbaik saya?
  5. Siapa sumber bantuan terbaik saya?
  6. Bagaimana saya bisa melakukan lebih dari apa yang terbaik yang akan membantu kesuksesan saya?

Jajak pendapat

Baca setiap pernyataan dan minta para siswa pindah ke tiga area ruang kelas yang telah dbiat untuk mewakili masing-masing jawaban dibawah ini berdasarkan pendapat mereka. Tiga bagian ruang kelas itu digunakan untuk siswa yang percaya terhadap pertanyaan yang telah diberikan yaitu:

Ini sebagian besar benar buat saya

Ini sebagian benar sebagian salah

Ini sebagian besar salah buat saya

  1. Dulu saya berfikir sekolah itu tak ada gunanya. Tapi sekarang saya pikir sekolah itu penting dan saya perlu belajar sehnigga saya bisa sukses.
  1. Dulu saya keras dalam beberapa situasi. Tapi sekarang saya lebih pendiam dan hanya akan saat ada persoalan yang nyata.
  1. Dulu saya berfikir bahwa mencoba itu bukan hal penting. Tapi sekarang saya percaya bahwa semakin saya mencoba, semakin saya bisa berhasil.
  1. Dulu saya melakukan sesuatu yang membuat saya populer didepan yang lain di sekolah. Tapi sekarang saya melakukan yang saya mau dan yang saya pikir benar apa yang saya lakukan.
  1. Dulu saya adalah orang yang hanya datang ke kelas untuk melewatkan waktu saja. Tapi sekarang saya adalah seseorang yang ingin bisa terlibat di sekolah dan belajar.

Setelah setiap pernyataan (atau yang lain yang bisa Anda anda tambahkan), tanyai siswa pada tiap area ruangan untuk berbagi mengapa mereka apa yang mereka lakukan. Ada nilai yang besar pada siswa yang mendengar pendapat kelompok tentang mengapa mereka telah berubah memiliki pola pikir positif yang lebih.

Dan hal itu menjadi instruksi bagi guru untuk memahami rasa dari pandangan siswa. Catat bahwa murid mungkin bergerak ke area yang mereka “pikir” guru menginginkan mereka juga.

Tanyakan ke mereka untuk mengartikulasi mengapa mereka percaya adalah apa yang anda bisa periksa-dan pemeriksaan realitas mereka- pada apakah mereka benar-benar memiliki keyakinan bahwa mereka memang didukung. Anda mungkin ingin mengakhiri kegiatan dengan diskusi berupa memberi tantangan berbagi pendapat yang jujur.

Menulis rasa percaya dan pola pikir

Sebagai tambahan tugas tadi atau atau aktifitas untuk diri sendiri minta siswa melihat respon jurnal mereka untuk paling tidak satu pendapat.

Dulu saya… tapi sekarang saya….

Dulu saya berfikir … tapi sekarang saya berfikir….

Dulu saya melakukan … tapi sekarang saya melakukan

Ada keuntungan lebih untuk menjenguk lagi aktifitas belajar seperti ini pada tengah tahun, atau bahkan setelah setiap periode penanda, untuk melihat bagaimana ide itu berubah (secara positif atau negative).

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: