Biaya mancing di Pacitan, pilihan akomodasi dan persiapan logistik

Biaya mancing di Pacitan untuk pilihan akomodasi dan persiapan logistik yang disajikan di sini adalah biaya mancing jika kita menggunakan kapal untuk mancing ke tengah laut sebagaimana yang selama ini dilakukan Tim Om Kicau Kartasura. Mancing tengah yang dimaksud di sini, paling ya berjarak sekitar 10-30 menit perjalanan laut.

Ya, memang spot mancing yang akan diceritakan di sini masih dekat-dekat dengan bibir pantai berkarang. Kenapa cuma mancing dekat-dekat bibir karang? Ya kenapa musti jauh-jauh kalau di dekat-dekat saja sudah bisa mencapai target mancing? Ya kan?

 

Untuk mencapai Pacitan, Anda bisa menggunakan kendaraan umum (bus) dari Solo, sekitar 4 jam perjalanan darat. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa memilih jalur jalan alternatif selewat Punung dengan mengambil jalan alternatif melalui Sedeng. Bisa menyingkat waktu sampai 30 menit.

Ikan Kerapu spot seputaran Pacitan

Ikan Kerapu spot seputaran Pacitan (soloraya.com)

Setelah merencanakan mancing ke Pacitan, maka jauh-jauh hari sebelumnya Anda bisa mengontak nomer HP tekong/tukang kapal yang selama ini saya panggil dengan “Pak Tukul”, yang tinggal di Desa Teleng, Pacitan Kota. (Jangan lupa cek artikel sebelumnya: Spot mancing joss gandos terbaik di Pacitan)

Rumah Pak Tukul sangat dekat dengan kawasan wisata Teleng Ria. Begitu Anda sampai di kawasan Pantai Teleng Ria, tanya saja mana rumah Pak Tukul ke pemilik-pemilik warung atau anak muda yang sedang tongkrongan di dekat situ, mereka akan menunjukkan dengan senang hati.

Nah berikut ini ancar-ancar biaya, logistik dan persiapannya:

  1. Kontak Pak Tukul di HP 087758425460.
  2. Sampaikan hari dan tanggal Anda (dan tim) mau mancing. Sebaiknya jauh-jauh hari sebelumnya, misalnya 7-10 hari sebelumnya. Pak Tukul akan melihat jadwal mancing yang sudah ada, kalau-kalau tanggal yang Anda pesan sudah terisi.
  3. Jika tanggal yang Anda minta kosong atau ada alternatif lain hari yang kosong dan Anda bersedia, maka Anda mentransfer DP (down payment/ uang muka tanda jadi) Rp. 200.000 (biaya keseluruhan adalah Rp. 600.000/ kapal/ hari). Uang muka hilang jika Anda membatalkan rencana mancing sesuai kesepakatan. Hari dan tanggal mancing bisa diubah sesuai permintaan Anda selama jadwal masih kosong. Setelah Anda transfer, telepun Pak Tukul dan nanti Pak Tukul akan mengecek transferan dan akan mengonfirmasikan kepada Anda. Biaya per kapal per hari mancing siang atau malam (pagi sampai sore atau sore sampai malam) Rp. 600.000 (untuk maksimal 4 orang pemancing). Dengan demikian kapal akan dimuati 5 orang (4 pemancing dan 1 tukang kapal).
  1. Kapal akan diberangkatkan pukul 06.00 pagi (maksimal sampai jam 17.00/ jam 5 sore) untuk mancing siang dan berangkat pukul 18.00 untuk mancing malam (maksimal sampai jam 02.00 dini hari).
  2. Untuk mancing pagi Anda sudah tiba di rumah Pak Tukul jam 05.00. Sebelum berangkat, disarankan untuk makan pagi (bisa membeli di seputaran rumah Pak Tukul) dan membawa bekal makanan minuman untuk tim Anda dan tukang kapal.

Saran: Ada baiknya Anda sediakan 1 set pancing untuk castingan (umpan spoon/spun) untuk tukang kapal agar membantu Anda mendapatkan ikan atau memberikan contoh mancing casting jika Anda belum pernah casting ikan dengan spun.

Bagaimana teknik mancing paling jitu di Pacitan? Selama ini sudah terbukti salah satu teknik mancing baru, yakni teknik mancing ngucir, sangat pas diterapkan di Pacitan. Bagaimana caranya? Cek saja artikel ini: Spesifikasi umpan kucir dan teknik mancing ngucir ala Om Kicau.

Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: