Bashrah, ‘Venesia’-nya Timur Tengah

Apa yang terlintas dalam pikiran orang bila bicara soal daerah di Timur Tengah? Mungkin kebanyakan orang akan mengatakan tentang gurun atau padang pasir. Ya, Timur Tengah memang identik dengan hal itu. Namun tahukah Anda, ternyata di Timur Tengah juga ada sebuah daerah yang dipenuhi kanal menyerupai Venesia yang ada di Italia. Daerah manakah itu?

Adalah Bashrah, kota terbesar kedua di Irak ini sering disebut-sebut sebagai Venesia-nya Timur Tengah. Julukan itu tentu bukan tanpa alasan, Bashrah merupakan sebuah daerah yang terletak di sepanjang Sungai Shatt Al-Arab dekat Teluk Persia yang memiliki sejumlah kanal atau terusan.
Mungkin tak banyak yang tahu, di sana terdapat daerah yang bernama tanah rawa Tigris-Efrat. Daerah itu pernah tertutup oleh 9.000 mil persegi laguna, bahkan lebih besar dari laguna Venesia. Daerah rawa luas tersebut telah dihuni lebih dari 5.000 tahun, disana adalah rumah masyarakat Marsh Arab atau Ma’dan.

Ma’dan terdiri dari beberapa suku. Ada salah satu hal yang sangat mengagumkan dari gaya hidup mereka di tanah rawa itu. Bisa dibilang indah serta rumit, mereka memiliki rumah terapung di atas perairan dan rawa.

Yang menarik, rumah-rumah terapung itu seluruhnya terbuat dari alang-alang yang dipanen dari perairan. Tak butuh waktu lama, tanpa menggunakan kayu atau paku, mereka menyelesaikan pembangunan rumah itu hanya dalam waktu tiga hari. Arsitektur mengagumkan bukan?

Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, arsitektur kuno itu seperti hilang dan bahkan beresiko hilang selamanya. Selama berabad-abad, daerah tersebut menjadi perlindungan bagi para budak, yang yang akhirnya membawa kejatuhan daerah itu.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: