10 Cara unik memberi salam dari berbagai negara

Memberi salam  merupakan salah satu bentuk sopan santun dan sikap menghormati seseorang kepada orang lain. Di Indonesia, cara unik memberi salam adalah orang yang lebih muda mencium tangan orang yang lebih tua. Nah, bagaimana dengan negara-negara lain? Simak yang berikut ini.

1. Hongi – Selandia Baru

Suku Maori merupakan orang-orang pribumi asli Selandia Baru yang memiliki salam tradisional yang disebut dengan Hongi, yang berarti ‘berbagi nafas kehidupan’. Cara melakukan salam ini sangat unik. Dua orang yang bertemu dengan lembut menekan hidung mereka satu sama lain.

2. Tepuk tangan – Zimbabwe

Orang-orang di Zimbabwe akan saling menepuk tangan sebagai bentuk ucapan selamat tinggal. Laki-laki dan wanita memiliki tepukan yang berbeda, laki-laki menepuk dengan tangan lurus dengankan wanita dengan tangan yang ditangkupkan.

3. Kunik – Inuit

Kunik, atau yang lebih dikenal sebagai ciuman khas Eskimo hampir mirip dengan Hongi. Namun salam ini hanya dilakukan antar keluarga atau orang-orang terdekat.  Kunik dilakukan dengan cara mmenekan hidung dan bibir atas seseorang ke orang lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kasih sayang.

4. Menekan jempol – Afrika

Di beberapa bagian di Afrika, seseorang menyalami dengan cara menekan jempol orang yang bersangkutan. Kedua tangannya digunakan dan kedua jempolnya menekan secara bersamaan.

5. 3 langkah jabatan tangan – Botswana

Orang-orang di Botswana tidak sekedar melakukan jabat tangan biasa, namun ada tiga langkah yang harus ditempuh. Dimulai dengan jabat tangan biasa, kemudian gerakkan posisi tangan sedikit untuk mengunci jempol, lalu kembali jabat tangan biasa.

6. Jabat tangan kilat – Tiongkok

Orang Tiongkok menyukai jabatan tangan namun dengan beberapa perbedaaan. Jabatan tangan harus dilakukan dengan cepat. Dan harus diingat, jangan melihat mata masing-masing saat berjabat tangan, karena hal ini sangat tidak sopan disana.

7. Membungkuk – Jepang

Jepang memang sudah terkenal akan budaya bersalaman dengan cara membungkung. Namun ternyata membungkuk memiliki banyak jenis dan arti. Semakin orang tersebut dihormati, orang lain akan semakin membungkuk sampai sembilan puluh derajat. Jika salam dilakukan pada orang dekat atau teman, biasanya hanya berupa anggukan kecil kepala.

8. Wai – Thailand

Lain dengan negara-negara lain, Thailand memiliki salam yang unik yang disebut dengan Wai. Mereka akan meletakkan tangannya seperti orag berdoa sambil sedikit menundukkan kepala. Semakin tinggi posisi tangan, maka semakin orang tersebut menghargai orang lainnya.

9. Menjulurkan lidah – Tibet

Jika di negara lain menjulurkan lidah pada orang lain adalah hal yang tidak sopan, tidak di Tibet. Ini adalah cara mereka memberi salam satu sama lain. Pada awalnya, menjulurkan lidah ke orang lain dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa lidahnya tidak berwarna hitam dan bukanlah reinkarnasi dari raja terdahulu.

10. Meludah – Kenya dan Tanzania

Salam paling aneh adalah yang satu ini. Suku Maasai di Kenya dan Tanzania memberi salam dengan meludah satu sama lain sebagai bentuk sopan santun yang besar. Selain itu, para pemuda suku ini juga harus meludahi tangan mereka sebelum berjabat tangan. Wow, aneh bukan?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: