Cara mencari nama unik untuk bayi

Memasuki usia kehamilan di bulan-bulan akhir, membuat para orang tua semakin bahagia menyambut kelahiran bayinya. Berbagai perlengkapan untuk si buah hati dipersiapkan mulai dari pakaian, mainan, hingga ranjang tempat tidur. Tak hanya itu saja, hal terpenting yang menjadi wacana dan persiapan penting adalah nama.

bayiDalam mempersiapkan dan mencari nama bayi ini memang tidak mudah bagi kedua orang tua. Karena nama tidak hanya sekedar gabungan kata-kata indah tapi dibalik itu menyimpan sebuah doa dari orang tua untuk anaknya dikemudian hari. Namun jangan khawatir, banyak sekali tips dan cara mencari nama bayi.

Berikut beberapa cara dalam menentukan nama unuk si kecil.

1. Di lihat dari waktu kelahiran

 

Biasanya pemberian nama dikaitkan dengan waktu kelahiran anak. Waktu ini bisa termasuk tanggal maupun bulan kelahiran. Misalnya lahir pada bulan Juli maka bisa dinamakan Yuli atau bisa juga Julia untuk lebih terdengar modern.

2. Di lihat dari anak ke…

 

Tak jarang para orang tua yang memberi nama dengan berpatokan pada urutan anak. Misalnya si anak adalah anak kedua maka bisa diberi nama Dwi.

3. Gabungan Nama Ayah dan Ibu

 

Ada nama anak yang merupakan gabungan nama dari nama ayah dan ibunya. Sebagai contoh seorang anak diberi nama Wiliana, gabungan dari kedua orang tuanya bernama Wibowo dan Liliana.

4. Nama Tokoh

 

Orang tua terkadang memiliki keinginan agar anaknya ingin seperti salah satu tokoh yang idamkan, misalnya Nabi Muhammad SAW. Maka tak jarang orang tua yang memberi nama Muhammad, dengan harapan si anak dapat mencontoh teladan dari Nabi Muhammad SAW.

5. Dari Istilah dan Bahasa Asing

 

Dengan melihat buku atau kamus, biasanya orang tua juga memberikan nama dengan istilah-istilah yang cantik. Rujukannya bisa melalui buku, kamus, atau bisa juga menggunakan kata-kata dalam bahasa asing yang bermakna bagus, seperti Bella, berasal dari bahasa Italia yang artinya cantik.

Masih banyak lagi cara mencari nama bayi yang cocok untuk buah hati. Namun yang terpenting dan yang menjadi inti dari sebuah nama itu adalah tujuan dan harapan dari kedua orang tua. Nama tidak sebatas untuk sebutan saja, tetapi dibalik itu semua ada secuil harapan dari orang tua untuk si anak agar kelak ketika dewasa, ia mampu memberikan sesuatu seperti yang tertuang pada nama tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: