Menjalani diet sehat itu mudah, lho!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal? Pria maupun wanita pasti mendambakan tubuh yang proporsional, tidak buncit dan berlemak, serta tidak mudah sakit. Tidak sedikit yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan, bukannya melakukan diet sehat, justru malah menjalani diet ekstrem hingga menempuh jalur bedah.

Bahkan, tidak sedikit kasus yang menunjukkan bahwa besarnya obsesi untuk mendapat tubuh yang diinginkan, seseorang bisa menderitia kelainan pola makan seperti anorexia dan bulimia (memuntahkan makanan yang baru saja dimakan). Tapi tahukah Anda? Dengan berkomitmen untuk menjalani program diet yang pas dan benar, tubuh Anda pasti akan sehat dan ideal secara bertahap.

Menjadi sehat memang membutuhkan waktu, dan tentunya dengan menjaga asupan yang masuk ke tubuh kita. Olahraga juga menjadi alternatif untuk membakar kalori yang kita konsumsi. Apa saja yang dapat dilakukan untuk sehat dengan jalan diet?

Diet Sehat

Berikut tips diet yang dianjurkan:

  1. Mengurangi porsi makan

Porsi makan adalah satu hal yang sering disalahartikan oleh beberapa orang yang melakukan diet. Diet bukan berarti kita tidak makan sama sekali. Tubuh kita tetap memerlukan energi untuk melakukan aktivitas. Maka mulailah dengan mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit agar tubuh dapat menyesuaikan diri. Jangan langsung mengurangi porsi makan secara ekstrem karena dapat menyebabkan tubuh kurang asupan dan tubuh menjadi lemas.

 

  1. Say no to ‘gorengan’

Kebanyakan dari kita tentu suka dengan makanan yang crispy dan renyah. Di sekitar kita saja ada banyak sekali makanan yang berupa gorengan. Namun, bagi anda yang sedang atau akan melakukan diet, sebaiknya kurangi konsumsi gorengan secara drastis. Menu yang biasa digoreng dapat diganti dengan makanan yang proses memasaknya dibakar. Misalnya saja Anda ingin mengonsumsi ayam, pilih atau pesan ayam bakar, jangan ayam goreng. Jika akan memasak dengan cara menggoreng, Anda dapat mengganti minyaknya menjadi minyak zaitun/olive oil.

 

  1. Mengurangi penggunaan garam dan gula

Secara tidak sadar, garam dan gula menjadi salah satu faktor yang dapat menaikkan berat badan. Memang, tubuh kita memerlukan yodium yang terkandung dalam garam dan gula yang berguna untuk meningkatkan gula darah, yang membantu kita bertenaga saat beraktivitas. Maka, kita bukan berhenti mengonsumsi garam dan gula pada makanan yang kita makan, namun dengan mengurangi sedikit takarannya.

 

  1. Olahraga

Aktivitas yang satu ini memang menjadi kunci keberhasilan sebuah program diet. Olahraga membantu Anda untuk membakar lemak-lemak yang ada dalam tubuh. Tidak hanya untuk diet saja, olahraga berguna untuk mengencangkan otot, meningkatkan metabolisme agar tubuh dapat membakar kalori lebih cepat, mengurangi risiko penyakit, dan lain-lain. Lakukan olahraga selama 45 menit setiap harinya untuk hasil yang maksimal. Namun, jangan berolahraga secara berlebihan karena akan membahayakan tubuh Anda.

 

  1. Aturlah pola makan Anda

Meskipun Anda sedang dalam program diet, melewatkan jam makan sangat tidak dianjurkan. Aturlah jam makan Anda setiap harinya dan usahakan jam makan tersebut sama dan rutin dilakukan setiap hari. Makanlah dengan menu yang Anda sukai, misalnya sayur, daging, dan buah. Jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi menu makanan yang tidak Anda sukai, meskipun makanan tersebut baik untuk diet.

 

  1. Mengatur jam tidur

Kurang tidur dapat memicu hormon ghrelin yang menimbulkan rasa lapar. Aturlah jam tidur Anda. Jam tidur yang baik adalah 8 jam per hari. Jangan kurang, namun jangan berlebihan pula. Tidur berlebihan akan membuat Anda kelelahan dan cepat lapar. Di samping itu, terlalu lama tidur tidak baik untuk kesehatan.

 

  1.  Jangan stress

Kita hidup memang tidak lepas dari berbagai masalah dan tanggung jawab yang menguras tenaga dan pikiran. Ujung-ujungnya? Stress! Hormon stress dapat merusak sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak dapat membakar kalori secara maksimal. Hal itu menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, hadapi masalah dengan tenang, santai, dan tidak berlarut-larut. Ingat, masalah itu bukan untuk dipikirkan, tetapi untuk dicarikan solusinya.

 

Tips Diet

 

Menjalankan program diet memang tidak mudah, namun jangan jadikan hal itu sebagai beban. Lakukan diet dengan senang hati dan bersabar. Karena untuk menjadi sehat dan bertubuh ideal tidak bisa didapat dengan instan. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: