Cara membuat sitemap.xml

Pembuatan sitemap atau peta situs dirasa sangat penting agar setiap halaman pada situs web atau blog dapat diakses dengan baik oleh mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing, dll sehingga situs tersebut dapat tampil di mesin pencari. Dengan adanya sitemap kita dapat meminimalisir halaman yang tidak terindex oleh mesin pencari, selain itu berikut beberapa fungsi dari sitemap :

  1. Memberikan informasi kepada search engine tentang seberapa sering sebuah halaman di update. Dengan adanya sitemap, kita bisa memerintahkan search engine untuk menelusuri situs kita secara berkala, misalnya seminggu sekali untuk halaman beranda dan sebulan sekali untuk halaman lainnya.
  2. Memberikan informasi kepada search engine tentang tanggal terakhir sebuah halaman dimodifikasi atau diedit.
  3. Memberikan informasi kepada search engine tentang tingkat keutamaan sebuah halaman. Misalnya jika kita menganggap halaman beranda mempunyai keutamaan paling tinggi kita bisa memberikan code 1.0, kemudian memberikan code 0.5 pada halaman post dan selanjutnya.

Untuk situs yang dibuat di blogger akan secara otomatis telah memiliki file sitemap.xml yaitu pada namasitus.blogspot.com/sitemap.xml, sehingga kita tinggal  submit ke search engine tool saja. Misalnya alamat blog di blogger Anda arie-triyadi.blogspot.com maka sitemap Anda adalah arie-triyadi.blogspot.com/sitemap.xml

Sementara untuk pengguna wordpress bisa dengan mudah membuat sitemap dengan menggunakan plugin xml sitemap untuk membuat sitemap.xml

Untuk situs web lainnya bisa membuat sitemap dengan mengunjungi halaman berikut : _http://www.auditmypc.com/free-sitemap-generator.asp

Cara submit sitemap ke google :

  1. Sign in ke Google webmaster tools (www.google.com/webmasters/tools).
  2. Add site atau tambahkan situs ke dalam akun webmaster tools.
  3. Verify situs Anda, bisa dengan mendownload file yang diberikan google kemudian upload pada direktori situs atau dengan memasukkan meta tag pada halaman index situs anda.
  4. Apabila telah berhasil menverifikasi situs silahan Klik “Add a Sitemap”.
  5. Masukkan URL dimana sitemap Anda bisa diakses. Contohnya http://www.stussaya.com/sitemap.xml kemudian Klik ‘Add Web Sitemap’.

Selain menambahkan sitemap ke google webmaster kita juga bisa menambahkan sitemap ke bing tools box agar situs bisa di index dengan baik oleh mesin pencari bing (microsoft) dan oleh yahoo, cara submit sitemapnya hampir sama dengan cara submmit sitemap ke google webmaster.

1 Comment on Cara membuat sitemap.xml

  1. ALIM Imbau Uji Laboratorium Limbah Bir di Akasia

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: