Tips mulai membuat toko online

Bisnis online kini semakin digemari, banyak sekali orang yang mulanya hanya berbisnis offline beralih menggunakan metode online karena memang bisnis online menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengenal jarak.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam berbisnis khususnya dalam berbisnis online melalui toko online. Toko online bisa dibuat di facebook, melalui grup sosial media, forum online, dll. Namun kali ini saya akan lebih spesifik membahas cara atau tips berbisnis online menggunakan toko online berupa web.

Kenapa harus memiliki web?
Dengan memiliki sebuah web kita akan lebih mudah mengarahkan pengunjung, ketika misalnya kita akan berjualan suatu produk kemudian ada seseorang meminta penjelasan tentang produk yang kita jual, kita bisa dengan mudah untuk mengarahkan orang tersebut untuk membuka web yang kita miliki dan membaca keterangan produk yang kita jual di web tersebut. Selain itu dengan memiliki web, sangat kecil kemungkinan untuk kehilangan data, berbeda ketika membuka toko online di facebook, forum atau situs jual beli, pihak facebook atau admin forum bisa menghapus toko kita kapan saja tanpa sepengetahuan kita. Terlebih ketika mengerti SEO kita akan lebih fokus untuk meningkatkan SEO web untuk menarik pengunjung dari google (untuk mengetahui lebih jauh tentang seo Anda bisa membaca artikelnya di menu SEO pada blog ini) .

Ide produk untuk jualan online?
Saya sangat menganjurkan untuk menjual produk yang unik, kenapa harus unik? Di internet persaingannya sangat ketat, contohnya ketika misalnya kita berjualan baju, ada banyak sekali toko online berjualan baju di internet. Ketika memiliki sesuatu yang unik maka tingkat persaingannya akan berkurang. Orang-orang di internet cenderung lebih tertarik untuk berbelanja barang-barang yang tidak dapat mereka beli secara offline. Misalnya ketika seseorang menginginkan “baju couple” mereka akan membeli secara online jika tidak dapat menemukan baju tersebut di toko atau pasar di wilayah sekitar ia tinggal. Jadi menjual produk yang sedikit sulit ditemukan di pasaran (unik) akan menjadi nilai tersendiri untuk toko online anda.

Tidak bisa membuat web toko online?
Di internet banyak sekali yang menawarkan jasa pembuatan toko online, jika tidak bisa membuat toko online sendiri kita bisa meminta bantuan pada orang yang mahir dalam membuat toko online, harganya bervariasi dari mulai 500ribu sampai puluhan juta rupiah tergantung fitur dari web itu sendiri. Jika ada jasa pembuatan web dengan harga terlalu murah, Anda perlu waspada. selain itu kini banyak pembuat web toko online yang menggabungkan beberapa toko online milik client dalam satu cpanel, jika kita tidak dapat mengakses cpanel maka kita tidak akan mampu mengbackup data web dan kita pun bisa dengan mudah untuk kehilangan data web kita kapan saja. Saya sarankan meskipun Anda tidak bisa membuat toko online, minimal Anda mengerti cara mengoperasikan web tersebut, Anda bisa membaca-baca artikel di blog ini untuk mulai belajar membuat web dan cara mengoperasikannya.

Toko online seperti apa yang cocok untuk saya?
Tergantung dari produk apa dan berapa jenis produk yang Anda jual. Jika hanya memiliki satu produk tanpa pilihan variant, cukup dengan membuat toko online statik dengan menampilkan produk yang Anda jual beserta deskripsinya langsung di halaman depan, kemudian buatlah halaman kontak, halaman tentang Anda (siapa anda, dimana produk dibuat, dsb), bahkan Anda bisa menuliskan semuanya di satu halaman web. Akan tetapi jika memiliki banyak produk buatlah halaman satu persatu untuk setiap produk anda.
Tipsnya :
1. Jika akan menjual satu produk buatlah web dengan domain menggunakan kata dari produk anda, misalnya jika berjualan batik, kita bisa membeli domain dan membuat toko online misalnya batikmurah.com atau batikcantik.com atau rumahbatik.com, dll (klik disini : Tips memilih domain untuk mengetahui tentang apa itu domain)
2. Jika berjualan dengan banyak produk, Anda bisa menggunakan nama Anda atau kata lainnya untuk mencerminkan isi dari web toko online anda, misalnya : Nayla-collection.net atau tokoherbalmurah.com atau rumahcantik.com, dll.

Itulah beberapa tips atau cara dari saya. Untuk kali ini itu saja dulu tipsnya, tips lainnya akan ditulis dalam artikel selanjutnya, jadi jangan lupa untuk selalu mengunjungi weblog ini.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: