Plugin untuk blog baru di wordpress

Plugin untuk blog baru di wordpress sangatlah penting untuk menunjang perkembangan blog tersebut, namun jika Anda bertanya-tanya “apa sih plugin itu?” Plugin merupakan program yang berinteraksi dengan host sebuah aplikasi agar memiliki fungsi tambahan. Dalam CMS lain semisal joomla, ecommerce dan lain-lain plugin sering juga disebut add-on atau modul.

WordPress merupakan sebuah CMS (content management system) yang memiliki banyak pembuat plugin dimulai dari berbayar hingga plugin gratis. Karena terlalu banyaknya pilihan terkadang para pemula di wordpress menjadi bingung untuk memilih plugin untuk ditambahkan di blog mereka, oleh karena itu saya akan sedikit memberikan plugin-plugin rekomendasi untuk di pasang diblog baru berbasis wordpress :

  • Plugin SEO

Plugin SEO dirasa sangat penting untuk di install di blog wordpress untuk mempermudah pengindekan mesin pencari (agar blog mudah muncul di mesin pencari). Ada beberapa plugin di directory plugin wordpress (http://worpress.org/extend/plugins/) bersifat gratis namun dengan fitur yang sangat lengkap, beberapa diantaranya all in one seo pack, ultimate seo, yoast seo dan platinum seo.

  • XML sitemap

Masih tentang seo, sitemap atau bisa disebut dengan peta situs perlu di install juga di blog baru anda, ini untuk mempermudah spider mesin pencari merayapi situs anda. Ada 2 jenis sitemap, yaitu xml dan html. Untuk peta situs bahasa markupNya menggunakan xml, ini akan sangat membantu spider untuk menjelajahi situs/blog anda. Sedangkan html sitemap hanya berfungsi untuk membuat halaman link atau daftar isi dari sebuah blog. XML sitemap yang direkomedasikan untuk di install adalah “google xml sitemaps v3 for qtranslate”

  • SEO SeacrhTerms Tagging 2

Plugin satu ini hasil karya orang Indonesia yaitu Purwedi kurniawan, plugin ini berfungsi untuk merekam kata kunci yang masuk menuju situs/blog kita. Selain untuk menjaring pengunjung lebih banyak, plugin ini pun bisa jika jadikan bahan evaluasi atau data statistik seberapa banyak orang menuju situs kita melalui search engine (mesin pencari) menggunakan kata kunci tertentu. Plugin SEO SearchTerms Tagging sangat banyak digunakan oleh para pengguna wordpress, karena plugin serupa biasanya merupakan plugin premium atau berbayar.

  • Social plugin

Untuk media promosi disarankan juga untuk menginstall plugin seperti addthis, pressthis, dsb. Plugin social media dibutuhkan untuk mempromosikan blog kita di berbagai sosial media seperti facebook, twitter, google+, dll.

  • Related post plugin

Plugin lainnya yang direkomendasikan untuk diinstall ialah plugin related post, atau posting terkait. Banyak sekali plugin related post di directory plugin wordpress diantaranya “ELI’s Related Posts Footer Links and Widget” plugin ini berfungsi untuk menampilkan link menuju artikel lain yang serupa di bawah artikel berdasarkan kategori artikel atau posting. Namun ada juga plugin related post berdasarkan tag atau kata kunci tertentu.

Itulah 5 plugin yang direkomdasikan untuk diinstall di blog baru wordpress, jika blog Anda tentang gambar atau wallpaper plugin tambahan seperti image sitemap dan faster image insert, direkomedasikan untuk di install. Juga untuk Anda yang membuat situs tentang video, plugin tambahan seperti video sitemap perlu untuk di install. Disarankan untuk tidak memasang plugin terlalu banyak karena ini akan membuat waktu muat halaman blog menjadi lama dan itu tidak baik. Untuk mempermudah perayapan mesin pencari dan agar menarik perhatian pengunjung karena blog cepat dalam urusan loading disarankan untuk tidak meamasang banyak plugin diblog baru.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: