Tips memilih web hosting yang baik

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian web hosting dan untuk kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memilih web hosting yang baik.

Web hosting adalah layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi untuk dapat menyimpan data dalam kapasitas megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user/pengguna dari semua tempat secara simultan. Web hosting merupakan bagian vital dari
pembuatan situs di internet, apabila kita sembarangan memilih web hosting hal tersebut akan berdampak buruk bagi web kita nantinya.

Berbicara mengenai hosting pasti kita akan berbicara yang namanya server, karena server merupakan bagian terpenting dari web hosting. Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan, oleh sebab itu server dapat mempengaruhi kinerja web kita. Server dibagi dalam tiga jenis, shared hosting, vps, dan dedicated.
– Shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah account hosting disimpan secara bersamaan dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu server yang sama, atau lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya pengertian hosting.
– VPS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private server, hampir sama dengan dengan shared hosting perbedaannya adalah resource-nya yang dibatasi perUser sehingga tidak terjadi saling berebut resource.
– Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (1 website, 1 klien) saja.

Tentu saja jika mempunyai dana lebih, sangat disarankan untuk memilih layanan dedicated server. selain pemilihan server berikut beberapa tips lainnya dalam pemilihan web hosting.

1. Tempat penyewaan hosting
Sangat disarankan untuk memilih penyedia layanan web hosting yang terpercaya dan sudah terbukti kehandalannya. Ini bisa dilihat dari kapan penyedian web hosting tersebut mulai berdiri (semakin lama semakin bagus karena ini akan membuktikan konsistensi web hosting tersebut), dan siapa saja pengguna jasa tempat tersebut.

2. Online support
Pilihlah jasa web hosting dengan costumer service yang online 24 jam, karena ini akan membantu kita saat merasa kesulitan dengan layanan mereka atau jika kita mempunyai keluhan terhadap layanan web hosting yang mereka berikan.

3. Fasilitas yang diberikan
Periksalah apa saja fasilitas yang diberikan, apakah sudah memenuhi semua yang kita butuhkan. Lihat fasilitas management hostingNya, software dan servicenya apa saja, selain itu perhatikan juga apakah Web Hosting tersebut mendukung untuk migrasi data (pindah Hosting), dll. Biasanya penyedia layanan web hosting akan memberikan sample Cpanel mereka.

4. Harga
Berapa harga penyewaan web hosting juga perlu diperhatikan, bandingkan sebuah tempat layanan web hosting yang satu dengan yang lainnya. Jika harga diluar kewajaran misalnya terlalu mahal atau terlalu murah, Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk memilih tempat tersebut.

5. Persentase uptime
Uptime adalah ukuran seberapa baik penyedia web hosting menjaga kelancaran sistem mereka. Jika penyedia hosting memiliki persentase uptime tinggi, maka itu berarti bahwa server mereka tetap up dan berjalan dengan baik, sehingga situs Anda pun akan berjalan dengan baik juga. Biasanya web hosting yang baik akan memberikan garansi 99,99% uptime.

6. Web hosting rekomendasi
Agar Anda tidak kecewa dengan jasa penyewaan web hosting, sebaiknya Anda mencari referensi atau rekomendasi dari orang lain atau orang yang telah sering menggunakan layanan web hosting. Untuk saya sendiri, saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan hawkhost, karena selain harga sewanya relatif murah juga kehandalan servernya telah teruji. Klik disini untuk mengetahui harga serta membeli layanan hawkhost : Hawkhost hosting

Itulah beberapa tips untuk memilih web hosting yang baik, selanjutnya biar Anda menentukan sendiri apakah tempat yang Anda pilih sudah cukup baik atau belum.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: