Pengertian domain

Jika ingin membuat web, baik itu untuk pribadi atau pun untuk bisnis anda, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu domain dan apa saja fungsinya. Domain merupakan sebuah alamat untuk sebuah situs web atau email dalam format huruf, angka dan juga hyphen atau tanda sambung "-". Domain ini berguna untuk menamai alamat situs, alamat email, mengidenfitikasi situs sebagai

pengganti format deretan angka alamat IP client server hosting tempat file website diletakkan.

Contoh misalnya sebuah file disimpan di IP server 11.22.33.44 kita sebenarnya bisa saja memasukan deretan angka tersebut di browser untuk mengakses file atau web tersebut. Namun untuk mempermudah pengingatan deretan angka IP akhirnya digantilah deretan angka tersebut menjadi domain, misalnya menjadi google.com.

Ekstensi domain (akhiran kata domain) tidak hanya sebatas .com ada pula .net, .org, .co.id, dll. Contohnya bisa dilihat di situs yang berekstensi pro (contoh arie.pro).

Nama domain ini dikelola oleh organisasi nirlaba bernama ICANN. Dimana seseorang bisa menyewa sebuah nama domain kepada registrar atau reseller atas ijin dari icann. Penyewaan domain paling sebentar adalah satu tahun dengan besaran biaya berbeda-beda tergantung dari ekstensi domain dan tempat pembelian domainnya (registrar). Kini Terdapat ratusan ekstensi domain dengan jutaan bahkan miliaran nama domain yang telah disewa dan terdaftar di icann.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: