Tips menghindari banned Google Adsense

  Seperti dibahas pada artikel sebelumnya cara mendaftar google adsense dan tips diterima google adsense, google adsense kini masih menjadi program periklanan primadona bagi para blogger. Banyak blogger menginginkan menjadi mitra google adsense, namun semakin hari peraturan google adsense semakin ketat saja.

Selain itu google adsense terkenal tidak mengenal toleransi dalam hal peraturan, sedikit saja blogger melakukan kesalahan atau melanggar peraturan google adsense maka blogger tersebut akan langsung di banned (penutupan akun).

Walaupun kini untuk mendaftar google adsense semakin susah dan peraturannya semakin ketat, namun masih banyak saja para pemilik situs atau blogger ingin menjadi mitra google adsense dikarenakan penghasilan (bayaran) dari google adsense memang menggiurkan. Banyak blogger menjadikan google adsense sebagai sumber utama penghasilan mereka. Agar Anda pun bisa mencicipi manisnya penghasilan dari google adsense berikut tips cara menghindari banned google adsense :

1. Pelajari TOS atau peraturan yang diberikan google adsense kemudian taati semua peraturan tersebut

2. Jangan pernah sekali pun mengklik iklan adsense di situs anda, walaupun hanya sekedar menguji iklan berjalan dengan baik atau tidak. Jika tidak sengaja mengklik iklan langsung beritahukan kepada tim adsense kalau Anda telah mengklik iklan dengan tidak sengaja.

3. Jangan merubah atau menambahkan script iklan google adsense.

4. Jangan membuat lebih dari satu akun adsense, satu akun adsense bisa digunakan untuk banyak website atau blog.

5. Mesin google adsense dikenal sangat canggih, jangan sesekali mensiasati iklan dengan menggunakan script, software, bot, dan semacamnya untuk melakukan klik otomatis.

6. Jangan mengikuti program click farm atau membuat kelompok publisher (penayang iklan, pemilik akun adsense) untuk bergantian mengklik iklan.

7. Perhatikan sumber traffic situs, hindari backlink dari situs terlarang, hindari penggunaan redirect url dari situs lain, usahakan mendapatkan sebanyak-banyaknya pengunjung organic (pengunjung dari mesin pencari).

8. Jangan gunakan software, script, atau bot untuk meningkatkan impresi situs (jumlah pageviews situs).

9. Jangan gunakan software, script, atau bot untuk memanipulasi traffic dengan tujuan mendapatkan pengunjung un-targetted. Jangan melakukan, misalnya menggunakan script agar pengunjung blog seakan-akan berasal dari Negara Canada atau US

10. Jangan meletakan iklan adsense dalam halaman tak berkonten, seperti halaman hubungi admin, halaman registrasi, halaman privacy police, dsb.

11. Jangan memasang iklan contextual lain, misalnya iklan dari media.net

12. Jangan menyebarkan screenshot (gambar) CTR, jumlah impresi, dll dalam akun adsense anda. Namun untuk total penghasilan itu diperbolehkan.

13. Jawab dengan segera jika mendapatkan email dari team adsense.

14. Jangan memasang script iklan google adsense di situs terlarang atau situs berkualitas rendah, seperti situs dewasa, kekerasan, judi, dll.

15. Jangan memasang script iklan google adsense dalam situs otomatis, misalnya dalam situs dengan konten otomatis (auto generated content).

16. Jangan menggunakan kata-kata untuk memacing pengunjung mengklik iklan adsense.

17. Maksimal dalam satu situs memiliki 3 ad unit, 2 ad link, dan 2 form search.

18. Jangan menyimpan iklan adsense berdekatan atau bersebelahan dengan gambar.

19. Jangan menyimpan iklan adsense dalam pop under, pop up, dalam script iframe dsb. Letakan iklan hanya pada halaman web atau blog.

20. Jangan memasang iklan dalam email.

21. Website atau blog yang dipasangi iklan adsense harus memiliki privacy police.

22. Jangan gunakan adsense sebagai alternative iklan, misalnya walaupun iklan dari chitika dapat disandingkan dengan iklan google adsense namun jangan jadikan iklan google adsense sebagai iklan pengganti saat iklan dari chitika tidak muncul.

23. Hindari penggunaan keyword berlebihan dalam content.

24. Jangan memberi judul pada iklan.

25. Jangan meletakan iklan google adsense dalam situs dengan jumlah konten sedikit. Untuk keamanan sebaiknya letakan iklan adsense dalam situs dengan jumlah konten dan halaman lebih dari 30 halaman.

26. Hindari penggunaan ip dynamic saat login (gunta-ganti ip saat login ke akun adsense)

27. Perhatikan berapa lama pengunjung mengunjungi situs Anda kemudian mengklik iklan, jika misalnya pengunjung baru saja mengunjungi situs Anda kemudian iklan langsung di klik hal ini dapat menyebabkan fraud klik (klik tidak sah). Usahakan untuk mengulur waktu agar pengunjung berlama-lama terlebih dahulu di situs kemudian baru mengklik iklan, caranya bisa dengan membuat artikel panjang dan tempatkanlah iklan dibawah artikel.

28. Perhatikan no IP dan hostname. Adsense akan mengetahui bahwa kita mengklik iklan sendiri dari no/alamat IP. Jika Anda sering menggunakan misalnya komputer kantor, jangan memberitahukan situs web yang dipasangi adsense ke teman anda, karena biasanya komputer-komputer dalam satu kantor memiliki IP yang sama dan ini akan menjadi bahaya ketika iklan di klik oleh teman kantor, adsense akan menditeksi kalau Anda sendiri yang telah mengklik iklan. Begitu pun komputer-komputer dalam satu warnet biasanya memiliki IP sama.

29. Untuk pengguna dynamic IP misalnya pengguna modem, jangan senang dulu karena IP akan berganti-ganti saat terkoneksi ke internet sehingga merasa aman jika mengklik iklan sendiri. Walaupun IP dapat berganti-ganti namun tetap alamat depannya selalu sama (subnetwork yang sama), sehingga adsense akan mampu menditeksi kalau Anda telah mengklik iklan sendiri.

30. Hati-hati pengguna Proxy IP/Anonymizer/Proxy server, bisanya pengguna proxy server terkenal akan meninggalkan jejak USER AGENT mereka. Dengan banyaknya pengunjung dengan proxy server yang sama akan mengancam akun adsense anda, karena adsense mungkin menganggap pengklik iklan adalah orang itu-itu saja. Namun Anda dapat memblok alamat ip tertentu dalam akun adsense untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat iklan adsense dalam situs anda.

31. Hal yang perlu diketahui : Adsense dapat melacak dan menditeksi jenis browser, jenis operasi system, resolusi monitor, cookies, dll. Jadi tim adsense akan mengetahui siapa saja yang telah mengklik iklan adsense.

Ternyata banyak juga ya! Saya sampai tidak sadar telah menulis tips sebanyak ini, namun itulah google adsense “dengan sejuta peraturannya”. Jika ingin menjadi mitra google adsense tidak ada cara lain selain selalu mematuhi peraturan mereka dan menuruti semua keinginannya. Peraturan google adsense lebih lengkapnya bisa dibaca di https://www.google.com/adsense/localized-terms, atau silahkan dipelajari artikel ini, tips menghindari banned google adsense.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: